ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
29 April 2021, 20:04

Liga PKM ITS Bukti Siap Tarung di PIMNAS 34

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Penutupan Liga PKM ITS 2021 yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (17/4).

Kampus ITS, ITS News – Meski telah berakhir, kompetisi ilmiah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Liga PKM ITS 2021 patut diacungi jempol. Lewat ajang ini, ITS berhasil menjadi perguruan tinggi penyumbang proposal terbanyak untuk PIMNAS mendatang dengan 1.021 proposal.

Salah satu juri Liga PKM ITS 2021, Achmad Ferdiansyah ST MT menyebutkan bahwa dari 1166 proposal kiriman mahasiswa, hanya 66 persen yang lolos di seleksi internal dan sukses diunggah ke Simbelmawa. Menurut Achmad, angka tersebut tergolong besar lantaran ITS mampu memenuhi 91,8 persen kuota di Simbelmawa. “Peningkatan ini sangat signifikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni hanya 500 proposal di Liga PKM,” ujar dosen Teknik Kimia ITS ini.

Sebagai bentuk apresiasi, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS menghadirkan beberapa penghargaan bagi departemen terbaik di Liga PKM ITS tahun ini. Di antaranya ialah penghargaan favorit, medali perunggu, medali perak, serta medali emas bagi tiap bidang PKM. Adapun penilaian ini didasarkan pada jumlah proposal terunggah, jumlah mahasiswa yang berpartisipasi, dan lainnya. “Tidak tanggung-tanggung, total hadiah di Liga PKM tahun ini mencapai angka 40,5 juta rupiah,” sebut Achmad.

Penampilan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dalam acara Penutupan Liga PKM 2021, Sabtu (17/4).

Hasil final, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS berhasil keluar sebagai juara umum dengan torehan satu medali emas dan dua perak. Melihat ini, Kepala Departemen PWK, Cahyono Susetyo ST MSc PhD berharap agar prestasi ini mampu menjadi pemicu bagi mahasiswanya agar tetap semangat hingga melaju ke PIMNAS. “Kami juga akan memperhatikan delegasi PKM kami dengan memberikan motivasi, pendampingan, serta mengingatkan tenggat waktu pengumpulan dan format proposal yang benar,” sebutnya antusias. 

Sementara itu, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh mahasiswa dan tendik yang antusias terlibat dalam kompetisi ini. “Saya yakin dengan ini ITS mampu menyabet gelar juara umum di PIMNAS 2021,” tuturnya, Sabtu (17/4) di penutupan Liga PKM ITS. (*)

Reporter: Dian Nizzah Fortuna
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait