ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
20 April 2021, 18:04

Kenalkan Program Internasional bagi Mahasiswa Asing

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Octaviyani Dwi Wahyurini ST MappDesArt PhD, Senior Manager of ITS Global Engangement Offoce on Promotion and Mobility saat membuka sosialisasi sesi presentasi pengenalan ITS dan International Undergraduate Program (IUP) ITS

Kampus ITS, ITS News – Terus lebarkan sayap, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kenalkan program internasionalnya bagi mahasiswa Oman dan Qatar. Menggaet Ikatan Keluarga Alumni ITS Luar Negeri (IKA ITS LN), agenda inisiasi ITS Global Engagement (GE) ini mengangkat program International Undergraduate Program (IUP), e-program, serta aneka kegiatan mahasiswa di kampus.

Senior Manager of ITS GE Office on Promotion and Mobility, Octaviyanti Dwi Wahyurini ST MAppDesArt PhD menjelaskan jika ITS menyediakan 77 program studi (prodi) dari ragam jenjang. Termasuk di antaranya ialah program diploma, sarjana, magister, doktor, serta program internasional. “Prodi-prodi ini tersebar di 40 departemen asal 7 fakultas yang berbeda,” ujar perempuan yang akrab disapa Oyin ini.

Lebih lanjut, Oyin menjabarkan, ITS memiliki 20 prodi dengan program kelas internasional. Yang mana, kelas-kelas tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai sarana belajar. “Para peminat dapat mendaftar melalui jalur seleksi mandiri yang memiliki kapasitas 30 mahasiswa saja,” jelasnya.

Sesi pemaparan pengenalan fakutas dan departemen IUP ITS oleh Octaviyani Dwi Wahyurini ST MappDesArt PhD

Dalam pertemuan virtual yang digelar Sabtu (10/4) lalu, Dosen Desain Produk ITS ini mengungkapkan bahwa IUP ITS memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya ialah, mahasiswa mendapatkan kesempatan melakukan exchange dengan mitra ITS di luar negeri serta dapat mentransfer SKS mata kuliah yang linear dengan kurikulum kampus. Selain itu, beberapa departemen yang menyediakan IUP juga telah memberlakukan program Joint Degree dengan beberapa perguruan mancanegara.

Di sisi lain, Manager for CommTECH and Mobility Program, Wahyu Islami Pratama ST menjabarkan tawaran beasiswa CommTECH 2021 bagi beberapa peserta webinar. Menurut Wahyu, program CommTECH 2021 akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa asing untuk belajar masalah yang ada di sekitar kampus.

Muh. Wahyu Islami Pratama M ST, selaku Manager for CommTECH and Mobility Program saat melakukan pemaparan beasiswa CommTECH 2021 dan kegiatan internasionalisasi di ITS

Lebih dalam, mahasiswa asing dapat berdiskusi dan mengeksplorasi wawasan mereka perihal kekayaan budaya lokal. “Sehingga nantinya, ITS dapat memiliki posisi khusus di mata mahasiswa internasional dan menjadikan mahasiswa ITS sebagai bagian dari masyarakat global,” paparnya. (*)

Reporter: Fauzan Fakhrizal Azmi
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait