ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
26 April 2021, 21:04

Pentingnya Nilai Pancasila dalam Revolusi Industri 4.0

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Pemaparan materi implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembangunan infrastruktur dan revolusi industri 4,0 oleh Sita Subadra Sfil Mphill

Kampus ITS, ITS News – Hadirnya revolusi industri 4.0 di Indonesia memberikan dampak yang besar bagi Pancasila sebagai ideologi negara. Untuk menguliknya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui sharing session bertajuk Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Tantangan Infrastruktur dan Industri di Indonesia, membahas pentingnya nilai Pancasila untuk menjalankan revolusi industri 4.0. 

Sita Subadra SPhil MPhill, dosen mata kuliah Pancasila ITS menjelaskan, diperlukan reorientasi pembangunan industri yang mengacu pada ideologi negara Pancasila. Sebab, orientasi yang hanya berfokus pada cara menghadapi perkembangan industri menyebabkan tujuan dalam pembentukan revolusi oleh karakter bangsa menjadi berkurang.

Berkurangnya karakter bangsa dalam perkembangan industri ini disebabkan oleh melemahnya moral ideologi bangsa. Hal ini ditunjukkan dengan terciptanya masyarakat kosmopolitan yang membuat peran bangsa dan negara dalam pembangunan berkelanjutan menjadi berkurang sehingga menimbulkan perpecahan nilai-nilai dasar budaya dan makna-makna moral manusia dalam ideologi negara. “Pembangunan industri ini tidak akan menjadi besar jika tidak diikuti oleh moral bangsa,” jelasnya.

Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menambahkan, perlu adanya kerangka berpikir dan usaha pengembangan moral manusia untuk menyukseskan revolusi industri 4.0. Tujuannya, agar masyarakat dapat melakukan hal-hal yang esensial. “Selain itu, Pembangunan juga harus berdasar pada Pancasila agar menjadi dasar visi dan misi terhadap evaluasi dan pelaksanaan,” ujarnya.

Pembahsan peran generasi muda, khusunya mahasiswa yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dalam pembangunan industri

Dari pemaparan diatas, Sita menyimpulkan bahwa pembangunan pendidikan yang mengacu pada nilai Pancasila sangatlah penting. Terlebih, bagi generasi muda, khususnya para mahasiswa yang nantinya bertanggung jawab menjadi penerus kehidupan bangsa. “Jika dilihat dari nilai Pancasila, pembangunan pendidikan ini akan berfokus pada pembinaan pengetahuan dan keterampilan” sambungnya.

Sehingga, diharapkan dari proses ini akan tercipta manusia dengan keterampilan memanfaatkan segala kondisi yang ada untuk perkembangan industri. Tak lupa, dalam proses ini, dilakukan pula pembentukan kepribadian melalui tanaman nilai-nilai Pancasila. “Saat semua aspek terpenuhi, akan lahir generasi yang sadar dan aktif mengembangkan kemampuan diri untuk mewujudkan pembangunan yang efektif,” ujarnya.

Di akhir acara, Ia mengharapkan Pancasila dapat menjadi ujung tombak dan kerangka berpikir masyarakat untuk membangun industri di era revolusi industri 4.0. Proses pembangunan industri Indonesia harus diikuti dengan persiapan sumber daya manusia  yang optimal. “Mewujudkan bangsa yang cerdas dan industri ekonomi yang mensejahterakan rakyatnya,” tegas Sita mengakhiri kegiatan yang digelar Minggu, (18/04). 

Reporter: Fauzan Fakhrizal Azmi

Redaktur: Heny Tri Hendardi

Berita Terkait