ITS News

Jumat, 27 September 2024
14 Desember 2007, 20:12

ITS Patenkan Enam Penelitian

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ke enam penelitian itu adalah Metode Transmisi Adaptif Untuk Sistem Komunitas Nirkabel Selluler Gelombang Milimeter di Daerah Tropis dari tim Ir Gamantyo Hendrantoro M Eng PhD, Sistem Pengendali Berbasis Logika Fuzzy Untuk Pemulih Tegangan Kedip dan Tegangan Interupsi dari tim Dr Ir Mochamad Ashari M. Eng, Image Retrieval Based on Object Ectraction Affecting Human Kansei dari tim Dr Ir Joko Lianto Buliali MSc.

Ketiganya merupakan hasil riset dengan JICA Predict. ’’Penelitian yang tiga ini adalah hasil kerjasama dengan Jepang, dalam hal ini JICA,’’ujar sekretaris I LPPM, Ir Gamantyo Hendrantoro M Eng PhD.

Sedangkan tiga lainnya, Proses Pengolahan Limbah Gas Industri Mengandung Volatile Organic Compounds dari tim Prof Dr Suprapto, Pembuatan Flokulan Dengan Metode Grafting To Dari Pati dan Poliacrylamide dari tim Dr Ir Sumarno M Eng, dan Unit Hidrolik Tanpa Pompa Pada Sistem Pengereman Antilock dari tim Dr Ir Agus Sigit Pramono DEA, adalah hasil riset yang didanai dari pihak lain, baik dari ITS maupun dari DIKTI.

Dengan didaftarkannya enam penelitian ini, ITS kini telah mempunyai 34 paten penelitian. ’’Dengan jumlah ini ITS menempati rangking ke empat di Indonesia sebagai institusi yang memiliki paten terbanyak, setelah ITB, IPB, dan UGM,’’lanjutnya.

Gamantyo menambahkan selama tahun 2007 ini sudah mendaftarkan 9 patennya. Enam diantaranya pendaftarannya didanai ITS, sementara tiga lainnya dengan dana Dikti. ’’Setiap tahun ITS mendanai 10 penelitian untuk dipatenkan, kebetulan tahun ini hanya enam,’’tambahnya. Pun begitu, ITS berencana untuk mematenkan hasil-hasil penelitian mahasiswa. ’’Ada beberapa karya mahasiswa yang juga mau kami patenkan,’’pungkasnya. (Humas/jie)

Berita Terkait