ITS News

Jumat, 27 September 2024
02 Januari 2008, 18:01

ITS Kirim Tim Penanganan Banjir ke Bojonegoro

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tim penanganan banjir ini berangkat ke Bojonegoro bersama tim dari Dinas Pengairan Jatim. Rencananya, mereka akan melakukan survei lebih dulu ke sejumlah daerah yang telah dikabarkan tergenang banjir cukup parah dan masih berpotensi tinggi diterjang banjir.

”Kalau waktunya masih memungkinkan survei akan kami lakukan di tiga kota yang terparah banjirnya, yakni di Bojonegoro, Lamongan, dan Ngawi,” jelas Umboro Lasminto ST MSc, ketua tim penanganan banjir ITS, menjelang keberangkatan ke Bojonegoro.Tim penanganan banjir ini, menurut Umboro, terdiri dari lima orang pakar yang berasal dari Pusat Studi Kebumian dan Bencana (PSKB) ITS, serta Fakultas Teknik Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP).

Kemungkinan survei akan dilakukan hanya dalam waktu satu hari. Tapi bila belum mencukupi hasilnya, ada kemungkinan diperpanjang lagi waktunya sesuai kebutuhan di lapangan.Sekjur Teknik Sipil Bidang I ini mengatakan, tim yang dipimpinnya akan melakukan koordinasi dengan Balai Besar Bengawan Solo dan Jasa Tirta yang berkompeten menangani aliran sungai Bengawan Solo yang menjadi penyebab utama musibah banjir ini.

”Nantinya hasil survei di lapangan ini akan membantu kita untuk memberikan rekomendasi penanganan banjir untuk jangka pendek, menengah maupun panjang,” papar Umboro lagi.

Diharapkan hasil rumusan para anggota tim penanganan banjir ini bisa segera digunakan oleh Dinas Pengairan Jatim ataupun pihak-pihak yang terkait untuk membantu mengatasi luapan air Bengawan Solo ataupun penyebab banjir lainnya.(Humas/jie)

Berita Terkait