ITS News

Jumat, 27 September 2024
28 Januari 2008, 12:01

ITS, Serentak Gelar Olimpiade Kimia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada suasana yang berbeda di ITS pada Minggu (27/2) kemarin. Pada beberapa sudut di ITS, terlihat siswa-siswi SMA yang mondar-mandir. Hal ini disebabkan karena pada hari itu digelar acara Olimpiade Kimia oleh dua penyelenggara yang berbeda yaitu, jurusan Kimia ITS dan Teknik Kimia ITS. Sasaran lomba kedua jurusan adalah siswa-siswi SMA.

Kedua jurusan dalam menggelar olimpiade tersebut mempunyai misi yang sama, yaitu mengenalkan jurusan masing-masing. ”Tujuan kami menggelar olimpiade kimia adalah untuk mengenalkan jurusan Kami, terutama di daerah-daerah selain Jawa Timur,” papar Dias selaku koordinator pubdok dan dekor Olimpiade Kimia Jurusan Kimia ITS. Pernyataan Dias tersebut diiyakan oleh Agi sebagai ketua panitia CEC (Chemical Engineering Competition) Jurusan Teknik Kimia ITS. Olimpiade yang digelar serentak oleh kedua jurusan tersebut, Minggu (27/1) kemarin, masih dalam babak penyisihan.

Olimpiade Kimia yang diakui oleh penyelenggaranya, Jurusan Kimia ITS, bertaraf nasional ini serentak dilakukan di beberapa kota. Antara lain, di Surabaya, Denpasar, Malang, Kediri, dan Bogor. Babak penyisihan yang dimulai pukul 9.30 WIB dan berlangsung selama 100 menit ini diikuti oleh 320 tim dari seluruh Indonesia.

Babak penyisihan yang dipanitiai oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) tersebut juga bisa diikuti melalui media website secara online. Pada waktu yang bersamaan dengan tempat penyelenggaraan babak penyisihan di masing-masing regional. Penyediaan fasilitas ini diperuntukkan bagi peserta yang berada di luar Jawa dan Bali. Pada babak penyisihan Olimpiade Kimia ini didapatkan lima belas tim yang lolos penyisihan untuk Kota Surabaya.

Olimpiade Kimia tingkat nasional yang memperebutkan total hadiah Rp.9.750.000 ini juga memperebutkan Piala Mendiknas RI, Piala Rektor ITS, dan Piala Dekan FMIPA ITS. Sedangkan babak semifinal dan finalnya akan diselenggarakan pada Minggu (10/2) mendatang.

Berbeda dengan Olimpiade Kimia Jurusan Kimia ITS, CEC yang digelar oleh Jurusan Teknik Kimia ITS ini meliputi se-Jawa dan Bali. Dalam even tahunan ini, babak penyisihannya dibagi menjadi sebelas kota yaitu Surabaya, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Madiun, Kediri, Malang, Jember, Bali, dan Bojonegoro yang kesemuanya.

”Kami bekerja sama dengan SMA-SMA di regional tersebut, kecuali Surabaya. Karena pelaksanaannya di kampus ITS,” ujar Agi selaku ketua panitia CEC Jurusan Teknik Kimia ITS. Agi mengatakan, pihaknya juga mengirimkan orang untuk memantau pelaksanaan CEC di seluruh regional.

CEC diikuti oleh sedikitnya 280 peserta yang ikut. Rencananya akan diambil tiga tim yang lolos babak penyisihan untuk setiap regionalnya. Dan 22 tim terbaik dari seluruh regional. Saat ini regional Surabaya telah didapatkan tiga tim yang lolos babak penyisihan dan satu tim terbaik. Yaitu, SMA Petra 2, SMAN 1 Surabaya, serta dua tim SMAN 1 Gresik, dari dua belas orang total peserta dari regional Surabaya.

Rencananya babak semifinal dan final akan didakan pada Minggu (17/2) mendatang. Bagi pesertanya akan memperebutkan piala bergilir dan piala tetap. Selain itu, CEC telah menyiapkan total hadiah Rp. 6.000.000 bagi para pemenangnya.(nrf/han)

Berita Terkait