ITS News

Jumat, 27 September 2024
01 Februari 2008, 10:02

ITS Digandeng PT Komatsu Bantu Korban Banjir

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setelah beberapa waktu lalu, ITS bersama dengan Tim Dinas Pengairan Jatim mengirimkan tenaga ahli untuk penanganan banjir di Bojonegoro, kini ITS digandeng perusahaan manufaktur alat berat, PT Komatsu Indonesia, untuk bekerjasama menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir di Jawa Timur. Manager Yayasan Komatsu Indonesia Peduli Uci Sanusi mengungkapkan, bantuan yang akan diberikan sebesar 50 juta rupiah. Bantuan kemanusiaan semacam ini, dikatakan Sanusi bukanlah yang pertama kali dilakukan yayasan ini.

”Bantuan semacam ini bukan pertama kalinya, kami juga telah memberikan humanity aid (bantuan kemanusiaan, red) untuk bencana Merapi, Gempa Yogyakarta, banjir Jakarta dan gempa di Bengkulu,” ungkap Sanusi. Yayasan ini, kata Sanusi, memang selalu aktif terjun pada bencana yang sifatnya nasional. ”Karena sudah pasti untuk semua bencana kita tak akan mampu, jelas kami sesuaikan kemampuan pendanaan,” katanya.

PT Komatsu Indonesia untuk bantuan bencana sendiri sebenarnya mengatakan tidak ada alokasi khusus untuk bencana alam. Bantuan yang diberikan sesuai dengan kebijakan dan pertimbangan rasa kemanusiaan. ”Di lain tempat sebelumnya, kami juga terjun langsung di lapangan membawa bantuan dalam bentuk natura yang sesuai dengan kebutuhan pengungsi. Kami juga bekoordinasi dengan posko-posko di garis depan,” ujar Sanusi.

Selain bekerjasama dengan ITS, Yayasan Komatsu Indonesia Peduli juga bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada Yogyakarta untuk penyaluran bantuan korban banjir Jawa Tengah. Dengan adanya kerjasama semacam ini diharapkan semakin memperkuat peran institusi pendidikan dan dunia industri dalam social responsibility. (asa/rif)

Berita Terkait