ITS News

Jumat, 27 September 2024
22 Februari 2008, 16:02

Usaha Juang dan Power Perbaiki Peranan Mahasiswa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Nampak ada berbeda dengan hari biasanya, ruangan Auditoroium Video Visual perpustakaan ITS dipadati oleh muslimah untuk mengikuti talk show  "Realita, Harapan dan Idealita". Acara yang digelar oleh kajian Muslimah Al Hadiit dari jurusan Teknik sipil ini, turut mengundang  Prof Dr Ir Tri Wulan, DEA yang juga dosen Teknik Sipil beserta Lizda Johar Mawari, ST MT yang merupakan dosen Teknik Fisika sebagai pembicara.

Di awal acara, puluhan peserta acara ini disuguhkan dengan pemutaran film amatiran. Film yang berdurasi  sekitar 20 menit ini menayangkan sekelumit permasalahan yang melanda  negeri ini. Mulai dari penganguran, kemiskinan , tingginya angka kriminalitas hingga trend hidup muda-mudi saat ini.

Tak lama setelah pemutaran film berakhir, dosen yang kini aktif mengajar di jurusan  Teknik Sipil ini. Dalam materinya menandaskan bahwa mahasiswa memiliki peranan di masyarakat sebagai agent of change. Akan tetapi tantangan serta halangan besar selalu ada di lingkungan masyarakat sehingga mereka cenderung tidak menghiraukan peranannya. "Seorang mahasiswa membutuhkan power untuk berubah menjadi lebih baik dan memiliki daya juang yang tinggi. Agar dapat memaksimalkan peranannya di masyarakat," tutur dosen yang kerap disapa Tri ini.

Lizda, dosen Teknik fisika ini juga menambahkan bahwa sorang mahasiswa tidak hanya dituntut dalam bidang akademik saja, akan tetapi juga harus mengimbangkan  peranannya dalam masyarakat. Tak hanya sekedar membahas peranan mahasiswa, talk show ini juga sedikit menyinggung merosotnya moral mahasiswa, terutama yang berkaitan dengan sopan santun di masyarakat. (st)

Berita Terkait