ITS News

Jumat, 27 September 2024
22 Februari 2008, 07:02

DIKTI Danai 92 Proposal PKM ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS kembali menorehkan prestasi besar berskala nasional. Ini dapat dilihat dari lolosnya 92 proposal PKM 2007. Data tahun lalu menunjukkan, hanya sekitar 59 proposal PKM saja yang lolos. Namun, pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah proposal PKM ITS tahun 2007 yang diterima oleh DIKTI.

Dari total 92 proposal yang akan didanai, sebanyak 60 judul merupakan bidang teknologi (PKMT). Lalu 13 judul bidang kewirausahaan (PKMK), 11 judul adalah mengenai pengabdian masyarakat (PKMM) dan 7 sisanya adalah mengenai pendidikan.

Dalam melakukan penyusunan proposal, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Uniknya, dalam kelompok tersebut terdiri dari jurusan yang berbeda. "Banyak juga, proposal yang disusun oleh mahasiswa lintas jurusan," ungkap Pembantu Dekan III FMIPA Drs Bandung Arry Sanjoyo MIKomp, Kamis (21/2).

Ditanya mengenai berapa jumlah total dana yang akan didanai Dikti, Bandung belum dapat memastikan. "Kalau satu proposal didanai 6 juta-an, maka kalau 92 hampir mencapai setengah miliar kan?" katanya. Tentunya, setelah proposalnya didanai oleh Dikti, mereka masih memiliki tugas berat lainya yang masih menunggu. Implementasi karya mereka, tentu ditunggu oleh banyak pihak.

Namun dalam prosesnya, dana yang turun dari DIKTI tersebut baru akan cair beberapa bulan kedepan. Agar proposal yang telah diterima tidak sia-sia karena dana belum cair, maka ITS akan meminjamkan dana sehingga proposal yang lolos dapat segera dilaksanakan.

Dengan terus meningkatnya jumlah proposal yang diterima oleh DIKTI tiap tahunnya, diharapkan mahasiswa ITS memiliki otoritas keilmuan yang handal. Sehingga dalam kompetisi-kompetisi lain yang berlangsung pada level nasional maupun internasional, ITS dapat memperoleh hasil yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.(mas/asa)

Berita Terkait