ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
15 Agustus 2021, 00:08

Tingkatkan Kualitas Unit Kerja dengan Tex2Dia

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Kepala Sub Direktorat Pengembangan dan Evaluasi Organisasi DSDMO, Adithya Sudiarno memberikan sosialisasi terkait Tex2Dia.

Kampus ITS, ITS News – Peningkatan kualitas unit kerja di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus digencarkan. Untuk mewujudkannya, Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi ITS (DSDMO ITS) menyelenggarakan Tacit Experience Implementation to Diary Achievement (Tex2Dia)  sebagai lahan pertukaran ide antar unit kerja yang akan digelar hingga Kamis, (2/9) nanti.

Kepala Sub Direktorat Pengembangan dan Evaluasi Organisasi DSDMO, Adithya Sudiarno menjelaskan, berbeda dengan ITSProvement, peningkatan ide pada ajang ini dilakukan dalam skala kecil dengan hasil berupa video dan poster agar mudah diimplementasikan. “Kami telah belajar dan menganalisis dari penyelenggaraan ITSprovement serta dari perusahaan lain yang merupakan benchmark kami,” ujarnya.

Rangkain kegiatan panjang ini terbagi menjadi beberapa tahap. Dimulai dengan registrasi, klinik penyampaian kemajuan, hingga pemungutan suara daring, dan pengumuman pemenang. Salah satu tahapan yang menarik perhatian di kegiatan ini adalah klinik penyampaian kemajuan yang merupakan hasil evaluasi dari kegiatan ITSprovement sebelumnya. “Sehingga setiap proposal yang nanti masuk tidak ada yang tidak lolos, semua akan lolos,” janji pria yang kerap disapa Adith ini. 

Dalam tahapan yang baru saja diselenggarakan pada Kamis, (12/8) ini, Adith hadir secara langsung untuk memandu para peserta Tex2Dia. Adith memberikan dua contoh poster, yang sudah cukup baik menurutnya dari salah satu peserta dan satu poster yang masih perlu banyak pembenahan, sebagai bahan untuk memandu tiap peserta. “Semua peserta bisa berkreasi sesuai dengan kemampuan tim itu masing-masing,” ungkapnya.

Tahapan klinik penyampaian kemajuan yang diselenggarakan pada Kamis (12/8).

Di rangkaian kegiatan yang sama, turut diberikan tutorial pembuatan video secara langsung untuk para peserta Tex2Dia. Tutorial yang dibimbing langsung oleh staff magang DSDMO, Sonia Novita Dewi ini membahas detail pembuatan video dan memastikan para peserta paham. Sehingga, diharapkan bisa membuat video terbaik. Alhasil, tahapan ini yang menjadikan Tex2Dia bukan hanya sekadar ajang untuk mencari ide terbaik tetapi juga memfasilitasi untuk melahirkan ide terbaik.

Nantinya beberapa ide yang terbaik akan mendapatkan apresiasi langsung dari DSDMO ITS selaku penyelenggara kegiatan Tex2Dia ini. Namun menurutnya bukan berarti yang lainnya tidak menang karena semua telah memberikan inspirasi ke yang lain. “Semoga kegiatan ini nantinya dapat mewadahi semangat melakukan peningkatan di masing-masing unit kerja,” tutup Adith. (*)

Reporter: Faqih Ulumuddin

Redaktur: Heny Tri Hendardi

Berita Terkait