ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
18 Agustus 2021, 10:08

ITS Pamerkan Karya Teknologi dalam Pameran Virtual Kemenperin RI

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Produk robot inovasi ITS  bernama RAISA yang dipamerkan di Indonesia 4.0 Virtual Conference and Expo 2021

Kampus ITS, ITS News –  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI menggelar Indonesia 4.0 Virtual Conference and Expo 2021. Dalam helatan berbasis teknologi ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai kampus berbasis teknologi turut meramaikan dengan memamerkan empat produk inovasi besarnya yakni 3D, yaitu Raisa, iCar dan iBoat, serta robot-robot karya tim robotika ITS lainnya selama tiga hari hingga Jumat (20/8).

Memanfaatkan platform situs web, Indonesia 4.0 Virtual Conference and Expo 2021 merupakan pameran virtual yang memamerkan wujud produk teknologi inovatif anak bangsa. Selain memamerkan produk yang mendukung Industri 4.0, sejumlah peserta juga terlibat aktif untuk berdiskusi, mengeksplorasi peluang baru, membangun relasi serta saling bertukar ide untuk inovasi baru.

Tampilan pameran virtual ndonesia 4.0 Virtual Conference and Expo 2021

Dalam pameran ini, Kemenperin RI ingin menunjukkan peran dan potensi atas keterlibatan berbagai pihak dalam transformasi menuju Industri 4.0. Hal ini turut disampaikan oleh Menteri Perindustrian RI, Dr Agus Gumiwang Kartasasmita MSi yang meyakini bahwa sektor pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan sebagainya juga memiliki peran besar di samping industri manufaktur. “Ini menjadi ajang menunjukkan kepada masyarakat dan dunia bahwa perkembangan dan implementasi industri 4.0 berlangsung pesat di Indonesia,” ungkapnya.

Mengamini sambutan Agus, Pembina Robotika ITS, Muhtadin ST MT mengatakan bahwa acara ini merupakan kesempatan yang bagus bagi ITS untuk turut serta dalam percepatan Industri 4.0 di Indonesia. “Saya percaya inovasi ITS dapat berkontribusi dalam hal itu,” tutur dosen Departemen Teknik Elektro ITS ini.

Salah satu stan ITS pada virtual exhibition yang memamerkan karya-karya tim robotika ITS

Melihat peluang yang besar, Muhtadin menuturkan bahwa tidak menutup kemungkinan apabila ITS kedepannya akan menggelar acara serupa untuk memamerkan produk-produk inovasi ITS kepada publik. “Tentu peran dari mitra ITS sebagai kolaborator juga sangat diperlukan untuk membuat pameran yang melibatkan Industri seperti ini,” jelasnya.

Oleh karenanya, Muhtadin berharap ITS dapat memperluas jangkauan kolaborasi dengan lembaga industri dan komunitas terkait untuk mendukung upaya transformasi Industri 4.0 di Indonesia. “Semoga inovasi ITS dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan berkontribusi dalam kemajuan industri nasional,” pungkasnya. (*)

Reporter: Frecia Elrivia Mardianto

Redaktur: Akhmad Rizqi Shafrizal

Berita Terkait