ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
30 Agustus 2021, 14:08

Mengikuti GCW Non-Degree, Syarat Student Exchange bagi Mahasiswa ITS

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Pemaparan materi Global Thinking sebagai salah satu agenda workshop GCW Non-Degree yang disediakan oleh DKG ITS

Kampus ITS, ITS News – Direktorat Kemitraan Global (DKG) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) per Agustus 2021 ini resmi menjadikan keikutsertaan dalam Global Competencies Workshop (GCW) Non-Degree sebagai syarat utama kegiatan student exchange atau pertukaran pelajar ke luar negeri. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan, meningkatkan, dan menguji pengetahuan mahasiswa sebelum melaksanakan program student exchange.

Daniel Michael Radja Pande, koordinator bidang internalization and development DKG ITS mengungkapkan bahwa GCW Non-Degree merupakan sebuah program workshop yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang akan berencana melakukan program student exchange. “Workshop ini kami (DKG ITS,red) rancang sedemikian rupa sehingga mahasiswa dapat memiliki pengetahuan dari segi teknis dan non-teknis program student exchange,” tuturnya.

Daniel melanjutkan, materi yang akan disampaikan dalam GSW Non-Degree ini seputar global thinking, persiapan pra hingga pasca keberangkatan, dokumen, cara untuk mentransfer Satuan Kredit Semester (SKS), hingga cara mengajukan dana pembiayaan program. “Di dalamnya juga tersedia simulasi wawancara, pre test, hingga post test agar para peserta bisa bertahan selama studinya nanti,” jelas mahasiswa asal Pekanbaru ini.

Seusai menuntaskan serangkaian workshop ini, ulas Daniel, para peserta akan diberikan sertifikat kelulusan dengan nilai minimal C yang dapat dipergunakan untuk keperluan masing-masing. “Penilaian dilakukan dengan saksama mulai dari pre dan post test, keaktifan peserta, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya,” cetusnya.

Adapun apabila terdapat kondisi tertentu yang menghalangi para peserta untuk lulus atau mengikuti workshop GCW Non-Degree, DKG ITS menyiasati dengan diadakannya tes tulis tersendiri yang akan dibuka setiap tanggal 18 hingga 30 setiap bulannya. Tidak dipungut biaya, tes ini hanya mewajibkan para pesertanya untuk mendaftar dan mengikuti tes dengan syarat nilai lulus tes minimal 80. “Surat keterangan lulus tes dengan sertifikat lulus  GCW Non-Degree memiliki kedudukan yang sama,” imbuh pria berkacamata ini.

Dengan adanya fasilitas ini, Daniel yang mewakili DKG ITS berharap agar mahasiswa ITS yang akan melakukan student exchange dapat meningkatkan pemahamannya seputar mekanisme dari sebelum keberangkatan hingga kepulangannya. “Berbekal kemampuan dan ilmu yang mumpuni, harapannya mahasiswa ITS dapat terus mengharumkan almamater di luar negeri,” tutupnya.

Peserta GCW Non-Degree yang terdiri dari berbagai mahasiswa dari sejumlah departemen yang berbeda di ITS

 

Reporter : Irwan Fitranto

Redaktur: Akhmad Rizqi Shafrizal

Berita Terkait