ITS News

Jumat, 27 September 2024
01 Maret 2008, 21:03

Kenali Dunia Bawah Laut lewat Foto

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam rangka pengenalan fotografi bawah laut, Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Air (UKM OR-AIR) mengadakan workshop Underwater Photography, Exploring the Deep Sea part 1. Dalam workshop kali ini, membahas seluk-beluk dunia fotografi bawah laut.

Hadir dua pembicara yang membahas dan mengungkapkan pengalaman mereka dalam dunia fotografi bawah laut. Mereka adalah Richard Kurni seorang fotografer profesional dan Cipto Aji Gunawan yang menjadi Instruktur Trainer PADI Underwater Photographer Specially. Mereka berdua banyak bercerita tentang keindahan dan keunikan fotografi bawah laut.

Terdapat banyak perbedaan yang mendasar, ketika seorang fotografer akan mengambil gambar di darat dan di laut. "Kalau di laut, kita bisa diam dan menahan tubuh sendiri saja sudah bagus," hal itu diungkapkan Richard kepada peserta yang hadir pada workshop kali ini. Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam mengambil gambar suatu objek.

Mengambil gambar di laut dengan kedalaman lebih dari 15 meter, tentu lebih sulit karena semakin dalam kita menjelajahi dasar laut, semakin berkurang cahaya yang masuk. Banyak peralatan tambahan yang harus disiapkan, mulai dari lampu flash, filter, Underwater Housing sampai lensa tambahan. Namun, semakin dalam kita menjelajah, sensasi yang kita dapatkan akan lebih indah dan menakjubkan.

Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika akan terjun ke bawah laut untuk mengambil gambar. Air merupakan faktor yang berpengaruh besar terhadap gambar yang kita hasilkan. "Air tidak hanya mengurangi cahaya, namun juga mengancam peralatan fotografi yang kita bawa," tutur Cipto. Perlu diingat, semakin dalam kita menyelam, tekanan semakin besar dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi fotografer.

Biasanya, melakukan fotografi bawah laut dilakukan secara buddy system. Dengan sistem seperti itu, apabila muncul permasalahan, akan segera dapat diatasi. "Karena tak jarang, banyak orang meninggal ketika baru pertama kali melakukan aktifitas ini.

Kegiatan fotografi seperti ini memang sangat beresiko tinggi, seorang fotografer harus mengikuti secara disiplin prosedur-prosedur yang ada. Dengan mematuhi prosedur yang ada, baru dapat menjelajahi laut secara aman dan mengabadikanya. Diharapkan, dengan gambar visual yang ada, masyarakat dapat menyadari betapa pentingnya menjaga laut beserta keindahan yang ada di dalamnya.(mas/asa)

Berita Terkait