ITS News

Jumat, 27 September 2024
01 Maret 2008, 16:03

Satlantas Polwiltabes Surabaya Himbau Terapkan RR

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar Responsible Riding and Hybrid System menghadirkan Wakasatlantas Polwiltabes Surabaya Kompol Muhammad Aldian. "Program RR dari Polwiltabes Surabaya disebabkan tingginya tingkat kecelakaan," tandas Aldian. Jika peraturan lalu lintas sudah dibuat, lanjutnya, dan aparat kepolisian telah bertindak tegas, maka yang menjadi kendala adalah tingkat kesadaran pengemudi.

Perihal peraturan sebelumnya terkait safety riding, Wakasatlantas menambahkan bahwa responsible riding menguatkan peraturan tersebut. Mendesaknya kebutuhan dan karakteristik tiap pengendara yang berbeda menjadi tantangan sendiri pihak kepolisian dalam menegakkan peraturan.

"Pihak Satlantas sendiri sangat membutuhkan bantuan dari kalangan intelek seperti mahasiswa dalam menerangkan kesadaran berkemudi yang bertangung jawab," pinta Aldian. Kenyataan di lapangan, ungkapnya, polisi menerapkan ilmu sosial kemasyarakatan. "Sedangkan analisa teknis, kami meminta pertolongan pihak teknisi dan pakar teknologi,” tandas Aldian.

Wakasatlantas ini pun menjelaskan, konsep awal dari responsible riding adalah menumbuhkan kesadaran bahwa jalan raya yang dimiliki adalah hak tiap orang. "Dengan rasa saling menghargai dan menyadari, diharapkan tindakan saling serobot dan merasa diri sendiri paling prioritas utama tidak lagi terjadi," tegasnya lagi. Demi terwujudnya keselamatan bersama tersebut diperlukan responsible riding dari pengemudi.

Aldian menyatakan bahwa tiga minggu yang lalu Pemerintah memberikan penghargaan bidang tertib lalu lintas kota se-Indonesia untuk Surabaya. “Keadaan suatu lalu lintas negera, menggambarkan karakter suatu bangsa, terlepas dari beberapa kekurangan yang masih terjadi baik dari segi aparat polisi maupun masyarakat Surabaya,” terang Aldian.

Diharapkan, imbuh Aldian, penghargaan tersebut mampu menjadi tolak ukur keberhasilan
RR sehingga dapat dijadikan contoh oleh kota lain di Indonesia. Menangapi pertanyaan dari peserta seminar terkait pemungutan liar dalam pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi), Wakasatlantas dan jajarannya akan menindak dan memberantas mafia SIM
tersebut.

Seminar yang merupakan ajang sosialisasi pihak Kepolisian untuk mengenalkan lebih jauh mengenai RR (Responsible Riding) ini menjadi even pembuka kegiatan Mechanical Responsible Rally 2k8. (Fn/th@)

Berita Terkait