ITS News

Jumat, 27 September 2024
04 Maret 2008, 08:03

Siskal Gelar Seminar Security Network

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar yang dibuka oleh Eddy Setyo Koenhardono, ST, MSc , Kepala Laboratorium Laboratorium 3D dan Komputasional Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, menghadirkan dua pembicara yang telah berkecimpung dalam bidang IT, yaitu Triyan Indrawan sebagai administrator Labkom T.Siskal, dan Kamas Muchammad S.Kom, yang berprofesi sebagai senior administrator ITS-Net.

Dalam sambutannya Eddy Setyo menuturkan bahwa walaupun jurusan-jurusan di FTK bidang keilmuannya tidak berkonsentrasi pada IT, namun seiring kebutuhan teknologi, diharapkan dengan diberikannya materi mengenai jaringan dan keamanannya, peserta seminar dapat menciptakan inovasi dalam merancang jaringan yang dapat diterapkan di bidang perkapalan dan kelautan.

Seminar yang diselenggarakan oleh Laboratorium 3D dan Komputasional (Labkom) Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ini dilanjutkan dengan penjelasan Tryan mengenai pengenalan perangkat dan sistem jaringan-jaringan yang ada banyak kita jumpai. Pada penjelasannya itu peserta seminar seperti mengalami kuliah singkat jaringan komputer.

Pada sesi selanjutnya, dimana giliran Kamas Muchammad angkat bicara mengenai jaringan dan keamanannya. “Hal-hal yang sangat mempengaruhi keamanan jaringan sebenarnya bisa dikelompokkan menjadi dua garis besar yaitu faktor teknis dan budaya. Faktor teknis antara lain kelemahan aplikasi dan keamanannya. Sedangkan masalah budaya adalah kemalasan kita, seperti password yang mudah ditebak dan kurangnya perhatian pada ketilitian dalam segi pengawasan kita,” jelas Kamas.

Mengenai kegiatan hacking Kamas Muchammad juga menjelaskan metode-metode yang biasa digunakan dalam kegiatan hacking. Kemudian sesi seminar dilanjutkan dengan Tanya jawab. Cukup banyak pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta seminar, kebanyakan berhubungan dengan pengalaman peserta.

“Seminar kali ini seru sekali , selain kita jadi tahu masalah jaringan dan keamanannya, kita jadi tahu apa itu virus dan cara penanggulangannya,” ucap Mustofa, salah satu peserta seminar dengan semangat.”Udah gratis dapat hadiah lagi,” tambah Mustofa, yang ternyata berhasil mendapatkan salah doorprize yang disediakan oleh panitia.

Seminar yang dimulai pukul 13.00 sampai 15.00 WIB, ini diakhiri dengan doorprize berupa kuis dan undian dari kupon yang dibagikan oleh panitia kepada peserta.(fn/jie)

Berita Terkait