ITS News

Jumat, 27 September 2024
05 Maret 2008, 17:03

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selain stand Bursa Karir kali ini juga diisi dengan presentasi dari beberapa perusahaan. Presentasi tersebut dilaksanakan terbuka tepat di tengah-tengah area Graha. Menariknya, di antara berbagai perusahaan yang melakukan presentasi, ICT-JICA tampil sebagai pembuka presentasi. Achmad Affandi, Kepala Harian ICT-Multimedia tampil sebagai pengisi materi. “Yah, istilahnya saya berusaha memberi bekal pada mahasiswa,”cetusnya.

Presentasi dari ICT-JICA ini memang lebih menitikberatkan pada pembekalan calon pelamar kerja, khususnya lagi pada mahasiswa baik yang masih kuliah maupun yang baru saja lulus. Dalam presentasi ini beberapa kali disinggung soal motivasi orang mencari kerja yaitu mendapatkan uang. “Don’t only think about money. Tapi pikirkanlah juga kontribusi apa yang sudah kita berikan,”ujar Achmad Affandi. "Indikatornya bisa kita lihat, ada atau tidaknya kita kira-kira berpengaruh tidak pada perusahaan tersebut," lanjutnya

Achmad juga menyinggung soal jiwa entrepreneurship dalam diri masing-masing individu. Pentingnya untuk menetapkan sasaran, bekerja sesuai rencana, dan tetap bahagia apapun yang terjadi. "Jangan takut untuk kehilangan apa yang kita dapat. Misalnya kita sudah bekerja sekian lama, sukses, lalu kita mau terjun ke ke sebuah dunia kerja yang baru mulai dari nol, jangan takut. Atau jika tiba-tiba kita kehilangan secara mendadak apa yang telah kita usahakan bertahun-tahun. Karena kita datang tidak membawa apa-apa dan kembali juga tidak akan membawa apa-apa,"lanjutnya sedikit berfilosofi.



Sebagai sebuah badan di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITS memang sudah menjadi tujuan dari ICT-JICA untuk berusaha mengembangkan information communication technology terutama di Indonesia bagian Timur. Apalagi dengan adanya kerjasama dengan pihak universitas Jepang, jalan untuk bertukar informasi akan semakin terbuka lebar.

Pihak ICT-JICA juga menawarkan bantuan bagi peserta presentasi yang
sekiranya berminat untuk mengadakan penelitian. “Silakan hubungi
kami,”ujar pria enerjik ini lagi.

Bursa karir kelima belas ini masih akan berlangsung hingga esok hari. Selain diisi dengan tes  lowongan masuk, masih akan ada presentasi dari KBR, Total E&P Indonesie dan PT Astra Credits.(tyz)
 

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama >