ITS News

Jumat, 27 September 2024
09 Maret 2008, 19:03

Guru SMA Jawa Timur Ikuti Open Lab Fisika

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Praktikum Fisika Dasar, pasti mayoritas mahasiswa ITS pernah merasakannya. Namun pada hari Minggu(9/3) kemarin puluhan Guru dari SMA se-Jawa Timur ini beramai-ramai melakukan praktikum Fisika Dasar. Acara yang bertempat di laboratorium Fisika ITS ini dipandui langsung oleh para asisten Lab.

Kesan canggung dari para asisten sangat terasa. "Awalnya canggung mbak, tapi kemudian lancar kok," papar Sindu yang juga merupakan asisten Laboratorium Fisika Dasar. Kadarisman , kordinator Laboratorium Fisika Dasar, juga menegaskan hal yang serupa. "Banyak asisten yang sungkan dan canggung, jadi mungkin materi yang diajarkan tidak maksimal,"paparnya memaklumi.

Praktikum yang dilaksanakan berkelompok ini dialaksanakan selama 90 menit. Masing-masing guru mendapatkan jatah dua kali praktikum. Adapun materi praktikum yang disediakan antara lain induksi elektromagnet, viskositas zat cair, gerak peluru, plat kapasitor, dan fletcer trolly. "Semoga materi ini dapat saya aplikasikan nanti di sekolah," papar salah satu peserta yang datang dari SMA Paciran ini.

Tak hanya praktikum fisika dasar, bagi para guru yang tertarik dengan dunia komputer mendapatkan pelatihan pembuatan web dengan Joomla. Kusnadi, seorang guru dari SMA 2 Lamongan mengatakan bahwa pelatihan web ini sangat bermanfaat. "Menarik sekali mbak, padahal awalnya saya ndak tahu," ujar Kusnadi.

Pada hari sebelumnya para kegiatan ini diikuti oleh para siswa SMA. Selain praktik di Lab Fisika Dasar, para peserta juga mendapatkan pelatihan robotika. Salah satu peserta dari Paciran mengatakan sangat tertarik dengan materi pembuatan robot line tracer. (st/ap)

Berita Terkait