ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
18 September 2021, 00:09

Tambah Fasilitas Belajar yang Nyaman, IKOMA ITS Bangun Creative Co-Working Space

Oleh : itsri | | Source : ITS Online

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng (foto kiri, tengah) menekan sirene yang menandakan pemasangan tiang pancang pertama pada pembangunan IKOMA Creative Co-Working Space. (sumber: ITS TV)

Kampus ITS, ITS News — Sebagai penyedia fasilitas pendukung akademik, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) selalu mengembangkan upaya pemenuhan kebutuhan mahasiswa. Hal ini terwujud dalam kerja sama ITS bersama Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) ITS dengan mulainya pembangunan Creative Co-working Space (CCWS), sebuah tempat bekerja bersama di salah satu titik strategis di ITS.

Ketua IKOMA Ir Bambang Witjaksono MMT menjelaskan, CCWS ini akan dibangun di samping K1-Mart yang merupakan salah satu pusat berkumpulnya mahasiswa. Lokasi strategis ini pun turut disempurnakan dengan jaraknya yang berdekatan dengan asrama mahasiswa serta fasilitas olahraga ITS seperti stadium, lapangan tenis, dan lapangan basket. “Penentuan lokasi ini sejalan dengan tujuannya, yaitu untuk mengakomodir para mahasiswa,” ujarnya.

Bangunan ini, sambung Bambang, didesain memiliki dua lantai dengan total luas bangunan 484,4 meter persegi. Di luar area tersebut, dalam area sebesar 60 meter persegi juga akan dibuat taman atau ruang terbuka hijau. Dengan desain seperti ini, CCWS ini diestimasikan dapat menampung maksimal 172 orang. “Bagian outdoor dan ruang terbuka hijau ini disediakan bagi mahasiswa yang ingin beristirahat setelah melakukan olahraga,” ulasnya.

Tak berhenti disitu, tempat yang secara resmi mulai dibangun pada Jumat (17/9) ini juga akan menyediakan berbagai kebutuhan fasilitas penunjang kenyamanan bagi mahasiswa, seperti meja, kursi, pendingin ruangan, CCTV, bahkan proyektor. Kelengkapan lain yang juga akan disediakan yaitu tempat untuk para tenant yang ingin bekerja sama melengkapi fasilitas lainnya. “Dengan seperti ini, suasana nyaman bagi yang ingin belajar di dalam dan di luar ruangan juga dapat tercipta,” ujarnya.

Bambang menambahkan, latar belakang pembangunan gedung ini bermula dari keluhan para orang tua mahasiswa. Mereka bersambat akibat anak-anaknya yang harus pergi keluar kampus untuk mengerjakan tugas atau mengadakan rapat. “Sebelum pandemi, keluhan ini dirasakan banyak orang tua mengenai kegiatan anaknya saat dahulu,” tuturnya.

Ketua IKOMA ITS, Ir Bambang Witjaksono MMT saat menyampaikan laporan pembangunan IKOMA Creative Co-working Space.

Tak hanya para orang tua, kecemasan yang sama juga dirasakan oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng. Dalam sambutannya pada acara Groundbreaking CCWS ini, ia mengaku cemas dengan adanya beberapa kasus pembegalan mahasiswa di jalanan luar ITS beberapa tahun silam. “Saya rasa dengan adanya CCWS ini dapat mengurangi frekuensi mahasiswa yang mengerjakan tugas hingga larut malam di luar kampus,” ungkapnya.

Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi, Ashari menyampaikan bahwa pembangunan ini merupakan persiapan untuk kedatangan mahasiswa setelah masa pandemi berakhir. Tidak mesti menunggu lama, pada kenyataannya, sistem perkuliahan hybrid yang mulai diberlakukan ITS semester ini juga menjadi indikator mulai pulihnya aktivitas normal. “Beberapa mahasiswa sudah mulai belajar tatap muka. Tentunya kegiatan perkuliahan normal yang menyusul setelah pandemi ini berakhir juga harus dipersiapkan dengan baik,” imbuh pria asal Sidoarjo ini.

Terkait kerja sama yang dijalin, Ashari memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada IKOMA ITS atas bantuan serta kontribusinya terhadap pembangunan di ITS selama ini. Nantinya bangunan CCWS ini akan menjadi warisan IKOMA bagi mahasiswa di generasi-generasi berikutnya, layaknya ITS Medical Center. “Dengan fasilitas ini, kita berharap ITS bisa terus berkembang melalui penyediaan fasilitas yang aman dan nyaman bagi penghuninya,” pungkasnya. 

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng saat memberikan sambutan sebelum pembangunan IKOMA Creative Co-working Space secara simbolis dimulai.

Setelah ini, pembangunan lainnya di ITS ini pun akan dilaksanakan dalam beberapa waktu kedepan, salah satunya co-working space hasil kerja sama dengan IKOMA ITS yang saat ini telah tersedia di lantai satu perpustakaan ITS. Hal ini juga dilakukan dengan tujuan yang sama, yaitu menyediakan fasilitas belajar yang aman dan nyaman kepada mahasiswa.(*)

Reporter: Muhammad Miftah Fakhrizal

Redaktur: Akhmad Rizqi Shafrizal

Berita Terkait