ITS News

Jumat, 27 September 2024
15 Maret 2008, 05:03

BEM FTI Undang Pemenang Kalpataru

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam pemaparannya, Sudarno begitu bersemangat mengajak mahasiswa mengelola sampah. ”Sampah itu merupakan intan dan emas buat kita,” ujar Sudarno dalam seminar yang merupakan rangkaian acara FTI Goes to Society.

Sudarno merupakan peraih penghargaan Kalpataru sekaligus penemu enam penemuan di bidang lingkungan. Dalam seminar tersebut, Sudarno yang juga alumnus D-3 Jurusan Konstruksi, Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) angkatan 1987 ini menceritakan tentang penemuan-penemuannya.

Penemuan Sudarno mempunyai nama yang unik-unik. Diantaranya adalah Manis Bara Sudarno (MBS), Tong Darno Kompos (Tongnopos), Bata Tengahnya Macem-macem (BATEM) dan Lumpur Ajaib. Dari penemuan-penemuan tersebut, yang berhasil dipatenkan adalah MBS dan BATEM.

Dalam acara tersebut, para mahasiswa yang rata-rata merupakan mahasiswa FTI ini sangat antusias mengikuti jalannya acara. Pada sesi tanya jawab, mereka berebut menanyakan penemuan Sudarno. Sudarno yang juga pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan ini pun menjelaskan tentang teknis penemuannya.

BEM FTI sebelumnya telah melakukan rangkaian acara yaitu penyuluhan dan pengobatan gratis, dan khitanan massal. Selain itu acara seminar ini diakhiri dengan penanaman tanaman secara simbolik di depan markas BEM FTI oleh Dewan Presidium FTI(nrf/jie)

Berita Terkait