ITS News

Jumat, 27 September 2024
14 Oktober 2021, 19:10

Maba Cup 2021, Latih Mahasiswa untuk Berprestasi dan Berinovasi

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Alfauzi selaku Wakil Ketua Pelaksana memberikan pemaparan inti acara pembukaan Maba Cup 2021

Kampus ITS, ITS News – Mahasiswa merupakan pelajar yang tak hanya cerdas secara intelektual namun juga terampil dalam bidang teknis dan non-teknis. Maka dari itu, dibutuhkan wadah yang sesuai dengan minat bakat agar bisa menjadi mahasiswa yang unggul. Maba Cup 2021 hadir untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dengan serangkaian perlombaan yang melatih mereka untuk berprestasi sekaligus berinovasi.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof  Dr Ir Mochamad Ashari MEng turut memberikan sambutan dalam acara pembukaan Maba Cup 2021, Sabtu (9/10). Ashari mengatakan, mahasiswa itu tidak hanya mengejar kebutuhan akademik saja, namun perlu mengasah kemampuan lain guna menghadapi persaingan di masa mendatang. Sehingga dengan berkompetisi lewat Maba Cup diharapkan akan melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa. “Ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab,” tuturnya.

Mochamad Ashari selaku Rektor ITS memberikan sambutan Maba Cup 2021

Selaras dengan Ashari, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS, Ahmad Nailul Firdaus menuturkan, kegiatan Maba Cup 2021 merupakan langkah awal mahasiswa baru (maba) untuk mengembangkan kemampuan kemampuan diri sehingga mahasiswa menjadi pribadi yang kuat dan siap menghadapi permasalahan kehidupan. “Dengan berkompetisi mahasiswa juga dapat mengembangkan diri dan membentuk karakter,” ujar pria berkacamata ini.

Tak ketinggalan, ketua pelaksana Maba Cup 2021, Muhammad Alfiyan Zulfa mengatakan Maba Cup 2021 merupakan rangkaian perlombaan agar mahasiswa mampu berkreasi, berinovasi, dan berprestasi. Dengan jargon yang tidak berubah yaitu dari maba, oleh maba, untuk maba, membawa arti seluruh kegiatan ini disusun dan dikhususkan untuk maba 2021. “Kegiatan ini adalah wadah untuk mengenal lebih jauh tentang dunia perkuliahan,” pungkas mahasiswa Departemen Teknik Sipil ini.

Pemenang desain maskot Maba Cup 2021 oleh Zuyyina

Acara pembukaan semakin meriah dengan diumumkan maskot Maba Cup 2021. Desain maskot Maba Cup 2021 dimenangkan oleh Zuyyina Hafiyya dari Departemen Desain Komunikasi tahun 2021. Maskot bernama Mechabot ini mendapat apresiasi dari seluruh mahasiswa ITS karena memiliki desain yang unik dengan filosofi yang penuh makna. “Saya merasa senang dan bersyukur dapat berpartisipasi dalam acara ini,” tutur Zuyyina.

Maba Cup 2021 mengusung tema Next Level yang artinya dengan mengikuti rangkaian perlombaan, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan diri serta lebih mengenal dunia perkuliahan. Selain itu, Wonderland atau Dunia Ajaib ini dipilih sebagai konsep acara karena maba ITS memiliki kreativitas, imajinasi, dan mimpi yang tidak terbatas. Oleh sebab itu, diharapkan maba dapat mengikuti seluruh rangkaian perlombaan dengan penuh semangat.

Reporter : ion24

Redaktur : Najla Lailin Nikmah

Berita Terkait