ITS News

Jumat, 27 September 2024
20 Maret 2008, 14:03

Himatekla Gelar Workshop Offshore

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam pembukaannya, Ketua Jurusan Teknik Kelautan ITS, Ir Murdjito MSc, menegaskan bahwa tujuan utama diadakan kegiatan Ocean Silver Victory Celebration (OSVC) yaitu sebagai wahana konsolidasi dan meningkatkan jejaring antar alumni dengan jurusannya. "Di sini saya mengundang pemateri yang semuanya adalah alumni kita. Selain untuk mempererat hubungan antar alumni sendiri, tentunya beliau juga pernah mengalami jenjang perkuliahan seperti anda. Diharapkan penyampaian materi akan lebih luwes nantinya,” ungkap Murdjito.

Awalnya, materi ship ballasting system and load out concept oleh Joko Sutyo. Dalam sesi pertama ini dikupas tentang proses loadout sebuah offshore. Alumni Teknik Kelautan ITS angkatan 2000 ini menerangkan tentang load out contents and preparation yang dibagi dalam beberapa poin. Diantaranya adalah load out procedure, pulling system arranggement, mooring arrangement, ballasting system arrangement, land skid way foundation verivication, barge strengh verification, serta safety and emergency response.

Selain memberikan materi berdasarkan pengalaman di lapangan, para alumni juga memberi semangat dan kiat–kiat kepada adik jurusannya agar dapat sukses dalam dunia kerja nantinya. ”Sebenarnya lulusan Teknik Kelautan cukup potensial diserap oleh pasar, tapi sayangnya banyak mahasiswa yang lemah dalam dalam pembawaan diri,” ungkap Muamar Kadafi, alumni Teknik Kelautan angkatan 1998. Karena itu, Kadafi memberi saran untuk melatih softskill sejak dini.

Workshop ini memang ditujukan sebagai ajang reuni alumni Teknik Kelautan ITS, utamanya angkatan 2000. ”Sebetulnya reuni alumni angkatan 2000 sudah cukup lama direncanakan. Maka dari itu, kami ingin mengucapkan banyak terima kasih pada panitia pelaksana yang telah mengadakan acara ini. Jadi bisa sekalian reuni,” pungkas Ahmad Sofyan, salah satu alumni, dalam penutupan acara. (az/th@)

Berita Terkait