ITS News

Jumat, 27 September 2024
31 Maret 2008, 07:03

Tryout Despro, Persiapkan Siswa Ujian Masuk Desain

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tryout UMDES ini secara rutin telah digelar oleh mahasiswa Despro sejak beberapa tahun silam. Penyelenggaraannya dilaksanakan dua kali setahun yaitu saat mendekati Ujian Akhir Nasional dan setelah SPMB.
“Pertimbangannya, mendekati Unas siswa SMA pasti telah menetapkan
jurusan apa yang hendak dipilihnya nanti. Sedangkan untuk tryout kedua kami memilih waktu yang paling mendekati UMDES Despro ITS yang biasanya diselenggarakan setelah SPMB,” jelas Ketua Panitia Tryout ini, Archie Teapriangga.

Tujuan dari penyelenggaraan tryout ini tak lain adalah untuk mempersiapkan siswa SMA mengikuti tes masuk ke jurusan Desain, terutama jurusan Desain di ITS. “Juga sebagai sarana untuk mempromosikan Despro ITS,” jelas mahasiswa angkatan 2006 ini.

Materi untuk tryout sendiri mencakup tes gambar dan tes tulis yang terdiri dari tes spatial (logika ruang), Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan pengetahuan umum. Materinya dibuat sama persis dengan materi UMDES Despro ITS, dengan waktu pengerjaan tiap sesi masing-masing dua jam.

Seusai pengerjaan tryout dan pengumuman hasil, diadakan pula pembahasan tes gambar. Beberapa mahasiswa Despro memberikan sedikit tips dan trik tentang gambar seperti apakah yang kira-kira memenuhi kriteria untuk lolos UMDES. Selain itu diadakan juga pameran karya mahasiswa di lobi Despro.

Ceyza Amera, salah satu siswa SMAN 15 yang ditemui mengaku tryout ini cukup memberikan gambaran tentang UMDES Despro. “Jadi dapat bayangan UMDES Despro itu kira-kira seperti apa,” pungkas siswi yang bercita-cita masuk program studi Desain Komunikasi Visual ITS ini.(tyz/rif)

 

Berita Terkait