ITS News

Jumat, 27 September 2024
03 April 2008, 08:04

Busana Kepompong Warnai LITL 2008

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada pemandangan menarik ketika memasuki Balai Pemuda sejak Selasa (1/4) kemarin. Pasalnya, puluhan pendatang mulai dari pelajar sampai masyarakat umum memadati pameran stan Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan (LITL). Pameran tersebut merupakan salah satu rangkaian LITL 2008 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) ITS.

Uniknya, ada produk eye-catching dalam salah satu stan LITL 2008 yaitu milik Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI). Produk tersebut merupakan busana rancangan Njo May Fen, finalis Councours International Des Jeune Creatures De Mode 2005.

Busana ini merupakan eco-fashion karena bahannya terdiri dari limbah kepompong. Busana yang berjudul metamorphose, story of silk ini diambil dari sampah pembungkus kepompong. Sampah ini biasanya dibakar, tetapi orang Jepang mengolahnya menjadi lembaran material yang indah dan unik. Dengan olesan lem dan mesin press, mereka pun bisa merubahnya menjadi wallpaper.

Berbeda dengan orang Jepang, Njo mengubah limbah kepompong menjadi busana. Karyanya terinspirasi oleh keindahan dan keunikan metamorphosis kupu-kupu. Berawal dari telur menjadi ulat, kemudian membungkus diri menjadi kepompong dan keluar sebagai kupu-kupu yang indah. Sedangkan kepompongnya diproses menjadi sutra. Itulah konsep Njo yang ia realisaikan lewat karyanya.

Dalam karyanya, Njo menerapkan bahan-bahan alami. Mulai dari gumpalan pom-pom dari benang sutra yang mengelilingi leher sampai bagian bawah jaket busananya yang bercerita tentang ulat-ulat bulu. Sedang bentuk dasar coat terbuat dari bahan kepompong merupakan replika dasar kepompong.

Busana Njo berwarna hijau terbuat dari silk tafeta yang bercerita tentang ulat. Setelah coat dibuka, akan terlihat tumpukan beberapa kupu-kupu yang indah. Segala sesuatu yang ada dalam busana ini sesuai dengan nama busananya, metamorphose, story of silk.

Sementara itu, stan WALHI tak hanya menampilkan busana rancangan Njo, designer yang juga menyandang predikat sebagai finalis The International Young Designers Contest 2005. Stan yang juga bekerja sama dengan BUNKA school of fashion ini juga menampilkan karya lain. Salah satunya adalah green action rompi daur ulang yang membuat perancangnya,Vania, menjadi Cosmo Girl Of The Year 2007.

Selain stan WALHI, masih banyak stan menarik lainnya. Salah satunya adalah stan pemenang Kalpataru 2007, Sudarno. Stan tersebut menampilkan beragam penemuan Sudarno seperti Manis Bara Sudarno (MBS), Tong Darno Kompos (Tongnopos), Bata Tengahnya Macem-macem (BATEM) dan Lumpur Ajaib. Sedang stan-stan lain merupakan stan pameran lomba mading dan perealisasian karya milik peserta LITL tingkat perguruan tinggi. (nrf/th@)

Berita Terkait