ITS News

Jumat, 27 September 2024
05 April 2008, 13:04

MIPA Gelar Seminar Ilmiah Rutin

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengangkat tema Ekslensi dan Kesejahteraan, Seminar Kamis bertujuan agar setiap jurusan pada Fakultas MIPA dapat saling bertukar ilmu, terutama yang berkaitan dengan riset. "Sehingga jurusan yang ada di FMIPA sendiri tidak terkotak-kotak lagi. Selain itu, tujuan lain untuk membuka wacana ilmiah, harapannya supaya antar jurusan dapat saling bertukar pengetahuan,” tutur Dr Rer Nat Triwikantoro Msi, Dekan FMIPA ITS, ketika ditemui ITSOnline, Jumat (4/4).

Menurut dosen yang akrab disapa Tri ini, seminar ilmiah rutin ini merupakan kali pertama yang diadakan fakultas yang ada di ITS, yang juga mengikutsertakan mahasiswa untuk turut andil di dalamnya. Mereka berpartisipasi melakukan penelitian yang berkaitan dengan judul seminar yang akan dipresentasikan. “Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa, terutama bagi mereka yang sedang mengambil Tugas Akhir," jelas Tri yang sebelumnya pernah menjadi Ketua Jurusan Fisika ITS.

Seminar bulanan ini, lanjut Tri, akan menjadi program yang berkelanjutan. "Diharapkan mahasiswa FMIPA sendiri turut berperan aktif di dalamnya, baik untuk penelitian maupun hanya sekedar mengikuti seminar tersebut. Hal ini saya terapkan untuk dapat memajukan fakultas,” harapnya.

Dari hasil pantauan ITSOnline, dalam seminar ini, tiap jurusan di FMIPA mendelegasikan beberapa dosen untuk memaparkan hasil penelitiannya. Diantaranya, Darminto M Sc dengan judul Study Multidisiplin Bidang Material Baru, Ir Sri Nurhartika Mp yang membawakan tema Bokashi dan Dra Ratna Ediyati MS PhD yang mempresentasikan judul Katalis Kimia.

Sementara itu, dari sisi mahasiswa turut pula berpartisipasi, seperti yang dilakukan Yulia Ayuningtias dan tiga temannya dari program studi Biologi angkatan 2004. Mereka melakukan penelitian tentang Bokashi di Benowo, Surabaya. “Saya ikut meneliti Bokashi sejak tahun 2007 lalu, dan tema ini saya gunakan untuk Tugas Akhir kini sedang saya kerjakan," paparnya. (st/th@)

Berita Terkait