ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
12 November 2021, 02:11

Dorong Produktivitas Tendik, ITS Gelar Tex2Dia

Oleh : itsojt | | Source : -

Presentasi finalis sekaligus foto bersama dewan juri Tex2Dia.

Kampus ITS, ITS News Sebagai perguruan tinggi yang peduli akan pengembangan diri (self development) tenaga kependidikan (Tendik) yang dimiliki, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (DSDMO) menggelar kompetisi Tacit Experience Implementation to Diary Achievement (Tex2Dia) guna mendorong produktivitas Tendik ITS, Kamis (2/9).

Kepala Sub Direktorat Pengembangan dan Evaluasi Organisasi DSDMO, Dr Adithya Sudiarno ST MT IPM ASEANEng menuturkan bahwa kompetisi yang dikhususkan untuk Tendik ITS ini bertujuan untuk mengembangkan ide dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas unit kerja. “Selain itu, kompetisi ini (Tex2Dia, red) juga bagian dari upaya ITS untuk dorong produktivitas tendik selaku sumber daya manusia di ITS,” tegas pria yang akrab disapa Adith ini. 

Adith mengungkapkan, ide demi ide bermunculan seiring berjalannya kompetisi Tex2Dia kali ini. Ia mencontohkan tim Antasena sebagai peraih juara satu dengan ide yang bertajuk Otomatisasi Pembuatan Folder Pribadi (Locker) Mahasiswa pada Sharepoint. Sistem ini dibuat untuk mempermudah penyimpanan dan pengelolaan file mahasiswa yang berhubungan dengan akademik. Ia menambahkan, ide yang tercetus dari Tendik Departemen Teknik Sistem dan Industri berangkat dari perubahan metode layanan akademik yang menjadi daring karena pandemi. 

Kemudian, ide lain dari tim Anevada Librarian sebagai peraih juara dua yang berhasil mengembangkan sistem E-Bebas Pustaka. Tim ini memberikan pengembangan dengan menambah fitur-fitur E-Bebas Pustaka yang dimiliki UPT Perpustakaan ITS sehingga membantu meringankan kinerja pustakawan. Selain itu, melalui penambahan fitur-fitur baru ini mahasiswa dapat melakukan pengumpulan tugas akhir, tesis, dan disertasi secara mandiri.

Pemberian masukan dari dewan juri kepada masing-masing tim finalis Tex2Dia.

Dan yang terakhir disebutkan ada tim Caraka ITS sebagai peraih juara ketiga yang unjuk ide dengan tajuk Management of Package base on Classification and Evidential at Wirehouse Package ITS. Caraka ITS berfokus membantu tugas utama tulang punggung distribusi surat dan paket dinas yakni membantu penerimaan, penjemputan, dan pendistribusian paket di lingkungan ITS. Bantuan yang diberikan oleh Tim Caraka ITS ini berupa pengembangan dalam pengelolaan paket di lingkungan ITS seperti klasifikasi paket, rekam paket, simpan paket, dan distribusi paket.

Setelah menyebutkan beberapa ide yang hadir pada kompetisi untuk dorong produktivitas tendik ini Adith menyampaikan harapannya, agar setelah kompetisi ini berakhir, para Tendik ITS bisa semakin produktif dalam menjalankan tugas sehari-hari dengan menerapkan beberapa ide dan pengalaman dari unit kerja lain. Adith juga menambahkan, DSDMO berharap bahwa event ini dapat menjadi batu lompatan untuk para Tendik agar bisa saling berkolaborasi bersama. (*)

Reporter: Regy Zaid Zakaria
Redaktur: Dzikrur Rohmani Zuhkrufur Rifqi Muwafiqul Hilmi

Berita Terkait