ITS News

Jumat, 27 September 2024
07 April 2008, 09:04

Yosakoi ITS Meriahkan Japan Overdrive

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara Japan Overdrive yang digelar Minggu (6/4) di Golden City Mall merupakan ajang kumpul dan ekspresi dari penggemar budaya Jepang di Surabaya. Dalam kegiatan ini ditampilkan band yang membawakan musik J-Pop, parade cosplay karakter anime dan manga, serta pentas seni. Kegiatan ini sendiri diadakan oleh Ko-J-Tsu (Komunitas Penggemar Jepang di Surabaya).

Penampilan band mendominasi kegiatan ini. Dari pagi, band Indie anak muda Surabaya seperti Allegro, June 5th dan Otaku tampil dengan membawakan lagu dari negeri Sakura itu. Band Jepang yang lagunya banyak dibawakan adalah Do As Infinity, Malice Mizer dan Laruku.

Sedangkan dalam parade cosplay, para peserta akan mengenakan kostum dari karakter anime dan manga pilihan mereka. Kemudian mereka diminta bergaya sesuai peran di depan juri dan peserta. Kostum yang dikenakan para peserta ini sangat unik dan mengundang perhatian. Ada peserta yang mengenakan kostum Kamen Rider, karakter anime One Piece, Assasin Cross hingga kostum bertema Harajuku.

Tim Yosakoi ITS tampil di tengah acara. Mereka membawakan satu tarian yang merupakan hasil koreografi sendiri. Penampilan ini menggundang tepuk tangan meriah dari penonton, bahkan banyak yang meinta penampilan tambahan karena dirasa kurang lama. Tim Yosakoi ITS hanya berlatih selama dua minggu setelah diminta megisi acara. “Tidak terlalu repot, sebab banyak pemain yang sudah senior, jadi hanya butuh refreshing saja,” terang Anik Amalia SPd, pengajar UPT Bahasa ITS sekaligus official tim Yosakoi ITS.

Bukan hanya Yosakoi yang ditampilkan oleh mahasiswa ITS. Beberapa mahasiswa lain juga tampil. Misalnya, band Allegro yang personilnya adalah mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2005. Band ini turut membawakan beberapa lagu Jepang dalam acara pentas seni.

Selain itu, juga ada mahasiswa ITS yang ikut dalam parade cosplay. Contohnya adalah Ginanjar, mahasiswa Desain Produk ITS. Mahasiswa yang akrab dipangil Gin ini mengenakan kostum robot karakter Alphonse Elric dari anime Fullmetal Alchemist. Cosplay yang unik ini mengundang perhatian para pengunjung yang berebut ingin berfoto bersama Gin. Dengan sabar Gin berusaha memenuhi permintaan penggemar cosplay. (rif/th@)

Berita Terkait