ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
26 November 2021, 22:11

Laboratorium MEAS Gelar Pelatihan Sistem Kelistrikan Kapal

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Dr Eng Adi Kurniawan ST MT turut menjadi pemateri dalam pelatihan analisis sistem kelistrikan yang diadakan secara daring

Kampus ITS, ITS News – Laboratorium Marine Electrical and Automation System (MEAS) Departemen Teknik Sistem Perkapalan (DTSP) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sukses menghelat pelatihan analisis sistem kelistrikan kapal, Sabtu (13/11). Kepala Laboratorium MEAS, Dr Eng Adi Kurniawan ST MT mengungkapkan jika pelatihan ini bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu kepada masyarakat supaya memiliki kemampuan lebih ketika bekerja.

Terdapat tujuh modul yang berhubungan mengenai analisis sistem kelistrikan kapal dengan bantuan perangkat lunak ETAP. Dijelaskan oleh Adi, pelatihan daring tersebut diawali dengan pengenalan perangkat lunak dan sistem kelistrikan kapal, cara membuat skema sistem kelistrikan, dan pengisian komponen yang dibutuhkan untuk analisis. 

Selain itu, pelatihan yang berlangsung dua hari tersebut turut menjelaskan cara analisis aliran daya. Hal ini bertujuan untuk menentukan kapasitas generator sebagai sumber energi. Selanjutnya, analisis aliran hubung singkat dan gangguan harmonisa juga turut dijelaskan. Adi mengungkapkan, sejatinya banyak komponen maupun variabel yang dapat dianalisis pada sistem kelistrikan kapal.

Pria tersebut menegaskan, sistem kelistrikan kapal memerlukan persiapan yang matang, terutama pada kapal yang sedang berlayar. Bila terdapat gangguan kecil sistem kelistrikannya, masalah seperti kebakaran yang ditimbulkan sangat berbahaya. “Ketika jauh dari daratan dan kapal lain, kebakaran akan sangat sulit dipadamkan,” ungkapnya.

Alumni DTSP ITS, Firman Budianto ST dan Ahlur Rio Novanto Gumilang ST ketika menyampaikan materi dalam pelatihan analisis sistem kelistrikan

Dosen DTSP ITS tersebut menuturkan, kegiatan pelatihan yang dilakukan tidak akan berhenti disini saja. Bimbingan masih terus diberikan oleh Laboratorium MEAS kepada peserta lewat media sosial (medsos) Whatsapp. “Belum tentu semua peserta dapat memahami dan mempraktikkan ilmu yang diberikan, oleh sebab itu kami akan mengadakan latihan lanjutan,” ungkapnya.

Selain mahasiswa mahasiswa dan alumni ITS, Adi menjelaskan jika pelatihan ini turut diikuti oleh mahasiswa luar ITS dan siswa sekolah menegah atas (SMA) atau sederajatnya. “Peserta diharapkan mempunyai kemampuan analisis lebih sehingga nantinya memperoleh kemudahan dalam mencari pekerjaan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ricardo Hokky Wibisono
Redaktur: Sofyan Abidin

Berita Terkait