ITS News

Jumat, 27 September 2024
20 April 2008, 09:04

KPU Resmi Tetapkan Jadwal Kampanye Capres BEM ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

KPU pun mengeluarkan surat ketetapan, TAP/KPU/ITS/No.8, yang mengatur mekanisme kampanye. Pada ayat 1 disebutkan bahwa kampanye tulisan dan lisan oleh kandidat hukumnya adalah wajib. Bahkan kandidat akan dikenakan sanksi tegas yaitu akan dicabut hak dipilihnya jika melanggar aturan ini.

Oleh karena itu, KPU sebagai lembaga yang berwenang menyelenggarakan pemilu, harus bekerja keras mempersiapkan pesta tersebut. Setelah menyocokkan jadwal perkuliahan para calon yang akan maju dalam Pemira 2008, KPU akhirnya mengumumkan jadwal bagi para calon untuk mempromosikan dirinya di depan civitas akademika ITS, Minggu (20/4) di Sekretariat KPU, Gedung SCC. ”Jadwal yang kami tetapkan tidak boleh mengorbankan jadwal kuliah,” ujar Bima, salah seorang anggota KPU.

Empat nama yang akan memperebutkan kursi nomor satu di BEM ITS akan beradu visi dan misinya di depan umum. Empat nama tersebut ialah Aditya Rahman (Teknik Kimia), Arif Bijak Bestari (Teknik Elektro), Nora Angela (Teknik Sipil) dan Aris Sofan Lutfianto (Teknik Informatika).

Jadwal kampanye lisan sendiri dilaksanakan tiap hari Selasa dan Kamis. Pada hari Selasa dimulai pada pukul 09.30 dan berakhir pada pukul 11.00. Sedangkan hari Kamis akan dimulai pukul 07.15 sampai pukul 08.45. Minggu ini yang menjadi tempat kampanye lisan Capres BEM ITS adalah depan Teater A (22 April) dan Kampus FTK (24 April).

Minggu selanjutnya tempat yang menjadi giliran kampanye lisan adalah depan NIIT (29 April), Kantin Pusat ITS (6 Mei) dan Kantin Pusat PENS ITS (8 Mei). ”Nantinya tiap peserta diberikan kesempatan yang sama untuk menyampaikan visi dan misinya, selanjutnya sesi tanya jawab yang porsinya sekitar 1 jam,” tambahnya.

Sedangkan untuk kampanye calon Leglislatif Mahasiswa (LM) juga disesuaikan dengan jadwal perkuliahan sang calon. Untuk kampanye lisan LM sendiri akan dilaksanakan di jurusannya masing-masing. KPU melalui Panitia Pelaksana Pemilu akan memfasilitasi kampanye tersebut. Untuk mencegah tindakan-tindakan yang tidak diinginkan, pihak KPU mengaku telah mempersiapkan segala kemungkinannya. ”Insya Allah, kami telah mengadakan rapat koordinasi untuk persiapan kampanye esok hari,” ujar Rizal, anggota KPU.(bah/han)

Berita Terkait