ITS News

Jumat, 27 September 2024
25 April 2008, 20:04

ITS Kembangkan Kerjasama dengan Unlam

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD, kerjasama antara ITS dan Unlam sebenarya sudah terjalin sejak lama. Namun baru kali ini diadakan penandatanganan MoU. ”Bisa dikatakan penandatanganan MoU kali ini sebagai formalitas dari kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya,” ujar mantan dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITS yang karib disapa Probo ini.

Nantinya, Probo juga berharap ITS bisa melakukan kunjungan balasan ke Unlam untuk menindaklanjuti kerjasama yang dikembangkan. Sementara ini, kerjasama yang ditindaklanjuti difokuskan pada pengembangan bidang keilmuan Fakultas Matematika dan IPA (MIPA). Terutama ditujukan untuk penanganan lahan rawa-rawa yang banyak tersebar di daerah Kalimantan.

”Dengan senang hati kami menawarkan apa yang dimiliki ITS untuk bisa dikerjasamakan dengan Unlam, termasuk untuk penanganan lahan rawa. Kebetulan ITS juga punya ahli rawa yang mungkin bisa diperbantukan nantinya,” jelas Probo tersenyum.

Sementara itu, Rektor Unlam Prof HM Rasmadi MS yang memimpin rombongan, mengaku sangat membutuhkan adanya kerjasama lebih lanjut dengan ITS. Mengingat FMIPA di Unlam masih sangat baru, sehingga membutuhkan kerjasama untuk pengembangan keilmuannya.

Tapi jurusan yang ada di FMIPA Unlam sedikit  berbeda dengan yang ada di ITS. Bila FMIPA ITS terdiri dari jurusan Matematika, Fisika, Kimia, Statistik, dan Biologi. Sedangkan FMIPA Unlam terdiri dari jurusan Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Farmasi, dan Ilmu Komputer.

”FMIPA di Unlam merupakan fakultas yang termuda dan kami ingin terus bekerjasama untuk mengembangkannya, terutama untuk menangani lahan rawa atau gambut yang banyak di Kalimantan,” tuturnya.

Selama ini, Unlam juga telah menjalin kerjasama dengan Korea Selatan untuk mengembangkan folder aliran sungai. Selain di bidang keilmuan MIPA, Unlam juga berharap bisa mengembangkan kerjasama di bidang-bidang lainnya dengan ITS untuk menggarap potensi yang ada di kedua kampus tersebut. Seperti pengembangan ilmu perkapalan dan kelautan yang kebetulan juga merupakan salah satu fokus ITS saat ini.(HUMAS ITS/asa)

Berita Terkait