ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
11 Desember 2021, 19:12

ITS Gelar Pelatihan Desain Grafis bagi Karang Taruna

Oleh : itschi | | Source : ITS Online

Tangkapan layar pelatihan desain grafis oleh tim KKN Abmas ITS yang diadakan secara daring

Surabaya, ITS News – Kemampuan penggunaan teknologi pada era digital saat ini menjadi suatu hal yang wajib. Berdasarkan hal tersebut, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar pelatihan desain grafis bagi anggota Karang Taruna Karangrejo Sawah, Wonokromo, Surabaya yang berakhir Selasa (16/11) lalu.

Mengangkat tema Pelatihan Desain Grafis untuk Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Karang Taruna menuju Era New Normal Baru Pandemi Covid-19, kegiatan tersebut diadakan selama empat kali. Salah satu anggota tim KKN Abmas, Hemas Nindya Putri Zellyta menuturkan bahwa pelatihan ini menyasar anggota karang taruna yang duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) hingga perkuliahan.

Karenanya, lanjut Hemas, aplikasi Canva dipilih sebagai platform yang tepat dalam pelatihan ini guna mengembangkan kemampuan desain digital bagi para pemuda. Di samping itu, aplikasi ini juga dapat diakses secara praktis dan gratis. “Kami ingin para pemuda ini nantinya memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif,” tutur mahasiswi Departemen Studi Pembangunan ITS tersebut.

Hari pertama, pelatihan diisi dengan transfer ilmu dasar desain grafis yang disampaikan oleh dua anggota KKN Abmas ITS, yaitu Audi Andrianto dan Muhammad Ian Fahreza. Sedangkan di hari kedua dan ketiga, pelatihan diisi dengan praktik desain grafis poster hari kemerdekaan. “Pada hari terakhir, kami melakukan evaluasi hasil praktik peserta,” ujar perempuan asal Surabaya tersebut.

Tim KKN Abmas ITS berfoto bersama usai kegiatan pelatihan

Hemas mengaku jika  kegiatan ini berjalan dengan maksimal, baik saat pemberian materi hingga praktik meski diadakan secara daring. “12 pemuda setempat yang hadir merasa senang dengan adanya pelatihan karena mendapatkan ilmu baru tanpa harus mengeluarkan biaya,” kenangnya.

Sebelumnya, kegiatan yang terdiri dari enam dosen dan sembilan mahasiswa tersebut diawali dengan kegiatan wawancara bersama ketua rukun tetangga (RT) dan pembina karang taruna setempat. “Selain itu, kami juga melakukan survei terkait program apa saja yang dibutuhkan oleh karang taruna tersebut,” papar perempuan tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, KKN Abmas ITS menargetkan pemuda karang taruna dapat dengan mudah membuat poster untuk kegiatan yang akan diselenggarakan oleh desa ke depannya. “Setelah pelatihan ini, pemuda karang taruna diharapkan dapat menerapkan ilmunya tidak hanya sesaat, tetapi dalam jangka panjang,” pungkasnya. (*)

Potret mahasiswa KKN Abmas ITS bersama pemuda Karang Taruna Karangrejo Sawah

Reporter: Erchi Ad’ha Loyensya
Redaktur: Sofyan Abidin

Berita Terkait