ITS News

Jumat, 27 September 2024
27 April 2008, 17:04

Biozones, Siswa Berlomba Bedah Tikus

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berbeda dengan olimpiade umumnya, lomba yang digelar dalam rangkaian Biological Opus Fair ini tergolong unik. Pasalnya, dalam ajang kompetisi ini peserta tidak hanya dituntut untuk mengerjakan soal-soal saja. Akan tetapi, mereka juga harus bisa melakukan praktikum yang telah ditentukan panitia.

Beberapa judul praktikum yang dilakukan diantaranya pengenalan rangka, pengamatan preparat tumbuhan monokotil dan dikotil, identifikasi hewan laut dan fotosintesis. Koordinator acara, Paul Nanggolan mengatakan, yang menjadi nilai pririoritas dari ajang Biozones ini adalah keterampilan peserta menggunakan alat sekaligus menjawab pertanyaan dewan juri.

Setelah dilakukan seleksi pada tujuh kota di Jawa Timur, akhirnya terpilih 19 tim yang berhak mengikuti semifinal lomba Biozones. Salah satu tim yang lolos babak semifinal yaitu SMA Negeri 3 Malang mengungkapkan kesulitannya menghadapi babak tersebut. ”Kami kesulitan karena kurangnya persiapan tim kami, padahal sebenarnya ujian lombanya kalau belajar lagi pasti gampang,” tutur Fransisca Lina Erfarenata, salah satu anggota.

Sementara itu, usai babak semifinal, terpilihlah tiga tim untuk maju ke final. Mereka adalah SMA Negeri 1 Pamekasan, SMA Negeri 3 Pamekasan dan MAN 3 Kediri. Di babak final ini, peserta Biozones diharuskan untuk mengamati preparat dari jaringan tumbuhan dan membedah tikus putih (mencit, red) selang dua jam lamanya. "Nih pertama kalinya, saya membedah hewan. Jadi nggak tega ngebedahnya," papar Rian Rizkiy Hariyadi, salah satu peserta dari Pamekasan.

Di balik itu, tak heran pula, juri pun mengalami kesulitan untuk menentukan pemenangnya. ”Tim yang lolos babak seleksi ini merupakan tim pilihan, hingga pertanyaan yang kami ajukan berhasil dijawab semua,” tutur Dewi Hidayati S Si Msi, yang tergabung menjadi Dewan Juri.

Akhirnya, jawara lomba ini diraih oleh MAN 3 Kediri. Mereka berhak mendapatkan tropi Rektor ITS dan hadiah uang tunai Rp. 500.000. Sedangkan untuk juara kedua dan ketiga masing-masing direbut oleh SMA 1 Pamekasan dan SMA 3 Pamekasan. ”Seneng banget, bisa memenangkan lomba ini. Saya pun berniat ingin melanjutkan kuliah di jurusan Biologi ITS,” komentar Nur Chamidah, salah satu pemenang dari tim MAN 3 Kediri. (st/th@)

Berita Terkait