ITS News

Jumat, 27 September 2024
01 Mei 2008, 08:05

ITS Terima 1317 Mahasiswa PMDK

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dengan rincian untuk jalur PMDK reguler 383 orang, Prestasi 16 orang, Berbeasiswa untuk Ekonomi Lemah 48 orang, Kemitraan 427 orang, Mandiri 423 orang, dan PMDK Beassiwa Unggulan Madura 20 orang. “Keputusannya, ITS tahun ini menerima 1317 calon mahasiswa dari program PMDK,” jelas Ketua Tim Promosi ITS Ir Budi Santosa MSc PhD.

Keputusan ini dilakukan setelah melihat hasil seleksi administrasi dari masing-masing jalur sesuai ketentuan. Mulai dari nilai rapor, hingga program home visit untuk jalur Berbeasiswa untuk Ekonomi Lemah. Dari jumlah tersebut, jurusan Teknik Informatika paling banyak diminati. “Fakultas Teknologi Informasi memang paling banyak peminatnya,” lanjutnya. Untuk Teknik Informatika menerima 117 calon mahasiswa PMDK, sementara jumlah terbanyak kedua adalah jurusan Sistem Informasi 101 orang.
Budi menyatakan para calon mahasiswa baru ini diharapkan untuk segera mendaftar ulang. “Kami memberi waktu mulai 5-6 Mei untuk pendaftaran ulang bagi calon maba dari PMDK Kemitraan dan Mandiri,” terangnya. Sedangkan untuk calon maba dari PMDK Reguler, Prestasi, Berbeasiswa untuk Ekonomi Lemah dijadwalkan untuk melakukan daftar ulang 2 Juli.

Para calon mahasiswa baru (maba) ini juga diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan di medical center ITS pada saat pendaftaran ulang. ”Calon mahasiswa harus datang sendiri, tidak boleh diwakilkan,” tegasnya. Setelah itu, calon maba dari jalur PMDK Kemitraan dan Mandiri juga diwajibkan untuk mengikuti program penyegaran.

Terutama ditujukan untuk calon maba jurusan Teknik Sipil dari jalur PMDK untuk wilayah Indonesia timur. Program penyegaran ini akan dilaksanakan selama delapan minggu, mulai pertengahan Mei hingga Juli mendatang. ”Ada empat mata kuliah yang akan diberikan dalam program penyegaran ini,” lanjutnya.

Yaitu, Matematika total 72 jam, Fisika 48 jam, Bahasa Inggris 40 jam, dan Komputer 40 jam. Sehingga, total program penyegaran adalah 200 jam belajar, dengan rincian 25 jam per minggunya.

Budi mengakui, jumlah peminat PMDK tahun ini memang meningkat pesat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 2994 formulir. Rencananya, tahun ini Asrama Mahasiswa ITS mulai akan ditempati oleh para mahasiswa baru. Hanya saja, sifatnya belum diwajibkan. “Keputusan terakhir memang rencananya mahasiswa baru akan ditempatkan di asrama mulai tahun ini. Tapi belum diwajibkan,” pungkasnya. (Humas/jie)

Berita Terkait