ITS News

Jumat, 27 September 2024
12 Mei 2008, 09:05

PeksiMITS, Adakan Tiga Lomba

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pada Lomba Puisi, panitia berhasil menyaring 18 peserta. Dan masing-masing peserta diwajibkan untuk membacakan puisi wajib karya Sutardji Calzoum Bachri dengan judul Jembatan dan satu judul bebas dipilih peserta dari beberapa judul yang sudah disiapkan oleh panitia.

“Kebetulan saja, aku ingin ikutan ini, kan dah lama nggak baca puisi. Oleh karena itu, aku merasa tertantang buat ikutan lomba ini. Dan aku sendiri suka judul puisi Aku Memilih,” tutur Mohammad Ghufron, salah satu peserta Lomba Baca Puisi.

Andy Leon, yang juga salah Tim Juri menuturkan bahwa ada beberpa kriteria penilaian yang harus ditempuh oleh peserta. Diantaranya olah vokal, penampilan penghayatan serta penafsiran peserta terhadap puisi yang dibacakan. “Tapi kebanyakan dari peserta masih mentah untuk membacakan sebuah puisi dan mereka pun harusnya lebih banyak berlatih agar hasilnya maksimum,” tukas Andy Leon yang juga pendiri Teater Tiyang Alit.

"Kebayakan dari beberapa peserta yang tampil, masih mentah, perlu banyak latihan agar hasilnya maksimum,” papar Andy Leon tentang penilaiannya terhadap peserta lomba.

Dan untuk Lomba Komik Strip, telah berhasil terkumpul sebelas gambar komik strip. Adapun tema yng diusung untuk komik strip berkaitan dengan peristiwa sejarah nasional. “Alasan kami mengambil tema tersebut, mengingat begitu banyak peritiwa sejarah yang dapat diapresiasikan ke dalam bentuk gambar,” ungkap Joko Nugraha, panitia lomba ini. Penilaian untuk Komik strip, akan dinilai lansung oleh Rahmatsyam Lakoro SSn dan Thomas Ari Kristianto SSn yang juga merupakan dosen ITS.

Sementara itu, di Aula SCC juga berlangsung babak penyisihan lomba vokal yang diikuti 34 peserta. Dan suara-suara merdu peserta pun tak ayal pula membuat penonton terhibur. Terlebih lagi, ketika salah satu peserta membawakan lagu dengan aliran musik dangdut. “Suara mereka lucu-lucu, tapi masih lumayan kok, masih enak di dengar,” tutur salah satu penonton. Tak hanya itu saja, beberapa aliran musik lain juga dipentaskan, diantaranya pop, keroncong, seriosa.

Dan acara puncak PeksiMITS 2008 akan digelar Kamis (15/5) di Kantin Pusat ITS yang juga diikuti dengan pengumuman pemenang dari serangkaian PeksiMITS. "Untuk, pengumuman nama pemenang lomba, sengaja akan kami umumkan di acara puncak nanti, supaya acaranya puncaknya nanti juga semakin meriah," pungkas Andry Maulana, Ketua Panitia PeksiMITS (st/rif)

Berita Terkait