ITS News

Jumat, 27 September 2024
18 Mei 2008, 12:05

Koumori dan Jump-Be Raih Govinda 38 Detik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Meladeni perlawanan Robot ITAT-TSU dari Institut Teknologi Adhitama Surabaya (ITATS), Koumori berhasil mecuri poin penuh. Sejak start, Koumori tampil agresif hingga detik ke-38 Koumori memaksa ITAT-TSU untuk mengakhiri perlawanannya dengan meraih Govinda. Ini merupakan Govinda yang kedua bagi Koumori di KRI regional VI. Pertandingan pun berakhir dengan skor 48-6.

Tak mau kalah dengan Koumori, Jump-Be dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS memamerkan aksi aktratifnya saat melawan Ghen_L48E, Universitas Bhayangkara Surabaya. Sejak layar count down menunjukkan tanda Go, dua robot otomatis Jump-Be langsung menuju white butter dan mengambilnya. Tak berhenti di situ, keduanya langsung menutup kotak lawan sehingga Ghen_L48E tak dapat mengisikan cheese dan port-nya.

Di sisi lain, Robot Otomatis Jump-Be yang bertugas mengambil yellow butter langsung menyeberang mendekati target. Praktis, sampai di sini alur pertandingan pun dikendalikan pihak Jump-Be. Terbukti di detik ke-38 Robot Manual Jump-Be berhasil mengangkat robot otomatisnya yang kemudian mengambil yellow butter. Kemudian Jump-Be pun meraih Govinda untuk ke tiga kalinya. Papan skor menunjukkan nilai 48-0 untuk kemenangan Jump-Be.

Namun yang disayangkan, langkah tim-tim ITS ini terganjal di babak semi final. Koumori yang sempat digadang-gadang masuk final harus takluk melawan KHIL_G dari Universitas Brawijaya. Di babak ini Robot Otomatis Koumori tak berfungsi dengan baik dan pertandingan berakhir dengan skor 18-12.

Berbeda dengan Koumori, Jump-Be berhasil menutup babak semifinal dengan manis. Meski sempat kerepotan meladeni perlawan sengit RENGGANIS dari Universitas Negeri Surabaya, Jump-Be tetap unggul atas lawannya dengan skor 21-3. Di babak ini, RENGGANIS sebenarnya mendapatkan poin 6 tapi harus dikurangi 3 karena sengaja menjatuhkan cheese dan port agar tak diambil Jump-Be.(f@y/han)

Berita Terkait