ITS News

Jumat, 27 September 2024
20 Mei 2008, 10:05

LCEN Berikan Pelatihan Komputer Untuk Pelajar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Suasana itulah yang terjadi dalam salah satu kegiatan dari LCEN 2008 yang bertema Edu Center. Dengan diselingi canda tawa, mereka memperhatikan kakak pemateri yang dibantu beberapa asisten. Pemateri yang rata-rata adalah Mahasiswa Teknik Elektro ITS angkatan 2007 ini terlihat begitu sabar dan antusias meladeni pertanyaan para siswa yang datang bertubi-tubi.

”Kok, komputernya jadi gini mas,” teriak salah seorang siswa ketika komputernya mengeluarkan perintah yang tidak dimengerti. Para asisten pun dengan sigap membantu menjelaskan kepada para siswa. Terkadang ada beberapa siswa yang masih malu untuk bertanya dan hanya berbisik pada teman sebelahnya.

”Yah, namanya masih siswa SD dan SMP agak sedikit pemalu,” ujar salah satu asisten. Sehingga sudah menjadi kewajiban asisten untuk menjelaskan kembali kepada mereka yang terlihat masih kurang paham terhadap materi.

Para siswa mengaku sangat senang dengan acara ini. ”Acaranya seru, soalnya kebetulan aku suka gambar juga sich,” ujar Reza, siswa SMPN 4 Surabaya yang sedang mendapatkan materi tentang olah gambar dengan Photoshop. Ia juga mengungkapkan bahwa baru pertama kali mendapatkan materi ini. ”Kalau di Sekolah, kita tidak dapat materi tentang ini,” tambahnya.

Senada dengan Reza, Reri Dwi yang juga siswa SMPN 4 Surabaya, mengungkapkan rasa senangnya mengikuti acara ini. ”Acaranya bagus banget, tapi masnya kalau menjelaskan terlalu cepat, jadi sulit dimengerti,” ujarnya.

Acara ini sendiri dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 10.00-12.00 dan sesi kedua dimulai pukul 13.00-15.00. Beberapa sekolah se-Surabaya sengaja diundang untuk mengirimkan 25 siswanya pada acara ini. Untuk hari ini saja ada empat sekolah antara lain SDN Klampis, SMPN 1 Surabaya, SMPN 4 Surabaya, dan SMP Al Azhar.

Berbagai materi pun disiapkan, antara lain materi tentang animasi Photoshop, Micrsoft Office, pengenalan internet, dan Switch Max. ”Bahkan untuk siswa SD diberikan materi tentang pembuatan blog,” ujar Indra Permana, penanggung jawab pada kegiatan ini.

Mahasiswa Teknik Elektro ITS angkatan 2005 ini mengungkapkan bahwa tujuan awal dari kegiatan ini adalah untuk memberikan media pembelajaran kepada seluruh elemen pelajar. ”Pada LCEN dan PGTA sudah mencakup segmen mahasiswa dan siswa SMA sedangkan segmen siswa SD dan SMP jangan dilupakan begitu saja,” tegasnya. (bah/han)

Berita Terkait