ITS News

Jumat, 27 September 2024
14 Juni 2008, 01:06

Menegangkan, Running Test KRI-KRCI 2008

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kesempatan running test lapangan pertama kali diberikan kepada tim A-Mbin dari Politeknik Manufaktur Timah Bangka, selanjutnya tim ngGotong Royong dari ITB. Sementara tim PALAPA dari Universitas Gajah Mada menempati urutan ketiga. Dengan kemampuan yang sangat baik robot otomatis tim PALAPA mampu menggapai balok yellow butter meskipun tidak govinda. Kemudian dilanjutakan tim Jump-Be dari PENS, dan tim-tim robot dari Perhuruan Tinggi lain dengan total tim sejumlah 24 tim.

Running test ini berlangsung cukup menegangkan, mengingat masing-masing tim yang akan bertanding sama-sama mulai mempertahankan kelemahan dan kekuatan lawan. Meskipun tampak menegangkan, kegiatan yang dilakukan di Balairung malam ini kurang terasa greget-nya. Hal ini disebabkan kurangnya dukungan terhadap kegiatan ini.

Kegiatan yang rencananya akan dihadiri oleh dua menteri kabinet Indonesia bersatu, yaitu Menkominfo Mohammad Nuh dan Mendiknas Bambang Sudibyo ini diperkirakan akan dipenuhi oleh suporter dari perguruan tinggi-perguruan tinggi ternama, seperti ITB, ITS, UI, Universitas Hassanudin, Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada dan masih banyak lagi.  

Sementara, running test untuk KRCI, dari hasil sementara, banyak dari tim yang mengalami kemajuan pesat dalam menjalani running test. Hal ini dimungkinkan karena mereka telah menempuh pertandingan pada regional masing-masing sehingga mereka lebih mengetahui resiko-resiko apa yang akan terjadi dan telah mempersiapkannya dengan baik guna menghadapi pertandingan nanti. Kali ini terdapat aturan tambahan untuk divisi expert dan expert swarm mengenai pelepasan kotak sensor pada bayi ketika ditemukan.

Running test ini berlangsung dua sesi pada jumat malam ini. Lantas dilanjutkan dengan drawing pertandingan untuk besok yang rencananya akan ditentukan juri nanti pukul 18.00 WIB. Dari jadwal yang ada pertandingan KRI akan dilakukan sebanyak tiga putaran. Setelah itu baru kemudian hasil dari kualifikasi ini, dilanjutkan dengan pertandingan pada hari minggunya yaitu pertandingan perdelapan, perempat, semifinal dan final. (Humas/rif)

Berita Terkait