ITS News

Jumat, 27 September 2024
14 Juni 2008, 19:06

Art Injection Tampilkan Nasionalisme Indonesia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Aura Indonesia memang cukup terasa dalam pameran ini. Mulai dari potongan pembukaan UUD 1945 yang ditempel di dekat pintu masuk hingga untaian kain merah putih sepanjang jalan menuju ruang pameran. Beberapa obor dari bambu yang dipasang di area outdoor juga semakin menguatkan kesan Indonesia. Pameran yang berlangsung di Tomodachi Resto and Cafe ini direncanakan akan berlangsung hingga tanggal Minggu (15/6) ini.

Menurut Ketua Pelaksana Art Injection M Anas Kautsar acara ini bertujuan untuk memamerkan berbagai macam karya mahasiswa Despro. “Juga untuk memacu kami untuk terus berkarya,” ujarnya. Ketika ditanya mengenai pemilihan tema nasionalisme ini, Anas menjawab bahwa makna itu sendiri sangat luas. “Teman-teman bisa berkarya melihat dari sisi kebudayaan Indonesianya atau misalnya mengkritisi pemerintah, sangat luas,” tambahnya lagi.

Menurut Anas lagi, pameran ini sebenarnya merupakan puncak dari acara roadshow Despro ITS ke berbagai SMA di Pulau Jawa. “Karena itu salah satu segmentasi kami adalah siswa SMA yang baru lulus,” katanya menambahkan.

Beragam karya yang didominasi karya mahasiswa angkatan 2007 memenuhi ruang pamer seluas 20×6 meter. Sejumlah karya instalasi yang dibuat kreatif dari kayu, sedotan hingga gips ditata dalam meja-meja pajang di luar galeri. Beberapa karya instalasi juga digantung di pepohonan memberi kesan seperti lampion.

Salah satu karya yang menarik adalah karya dari Viriega, mahasiswa prodi Desain Produk 2007. Dengan menggunakan media kaleng bekas rokok, ia membuat berbagai macam bentuk mainan yang menarik. Lain lagi dengan karya grafis Arief Bahari yang menampilkan lingkaran dalam berbagai macam ukuran dan warna, seperti yang umum kita lihat dalam tes buta warna. Dalam karyanya Arief seolah ingin menunjukkan bahwa walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap kita terlihat satu, yaitu Indonesia.

Selain pameran seni, pengunjung juga bisa mengikuti acara workshop fotografi dan lomografi yang diselenggarakan pada tanggal 14 dan 15 Juni ini. Ada pula stand tiket Try Out 2 Ujian Masuk Desain (UMDESAIN) 2008, yang memberi kesempatan para pelajar untuk persiapan ujian masuk jurusan di ITS ini. (tyz/rif)

Berita Terkait