ITS News

Jumat, 27 September 2024
25 Juni 2008, 14:06

Maba Pelajari Komputer dengan Matrikulasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Maba tahun ini bisa menangkap dengan lebih baik materi pengenalan komputer, salah satu yang diberikan pada program matrikulasi ini. Hal ni diungkapkan oleh Bekti Cahyo Hidayanto SSi MKom, salah satu dosen pengajar matrikulasi komputer di Laboratorium Pemrograman Sistem Informasi. Matrikulasi untuk program komputer ini sendiri diadakan di beberapa laboratorium di Fakultas Teknologi Informasi (FTIF).

Menurut Bekti, kesulitan dalam mengajar matrikulasi tidak seperti tahun–tahun sebelumnya. ”Rata–rata maba telah mengenal apa yang saya ajarkan, mungkin karena di SMA mereka sudah dikenalkan teknologi informasi komunikasi,” papar Bekti.

Pernyataan tersebut diiyakan oleh Firda, salah satu maba kemitraan dari jurusan Teknik Informatika. Firda mengaku tak terlalu asing dengan materi yang diberikan. ”Saya sudah mendapat pengenalan komputer di SMA, tapi mungkin tergantung SMA–nya juga,” ujar Firda.

Selain itu, Bekti juga menambahkan informasi–informasi tambahan selain slide yang ia presentasikan. Hal tersebut diakuinya untuk menambah pengetahuan maba tentang komputer. ”Saya menambahkan paparan selain yang ada di slide karena rata – rata materi slide yang dipersiapkan panitia sudah dikenal sebelumya oleh maba,” ucap Bekti yang kala itu menerangkan tentang software dan hardware.

Matrikulasi komputer sendiri dibagi menjadi empat shift. Tiap–tiap maba mempunyai jadwal matrikulasi sendiri–sendiri. Pelajaran yang diberikan pada maba adalah komputer dan pelajaran-pelajaran Tahun Pertama Bersama (TPB). Tiap hari mereka mendapat setidaknya dua mata pelajaran secara bergantian hingga 25 Juli mendatang .

Sementara itu, maba terlihat antusias dalam mengikuti matrikulasi. Suasana tersebut nampak dalam matrikulasi komputer yang berlangsung Laboratorium Pemrograman jurusan Sistem Informasi. Sesekali maba tertawa ketika mendengar celetukan dosen. ”Matrikulasinya lumayan menyenangkan. Dosennya baik dan pelajarannya menarik, ” ungkap Firda. (nrf/rif)

Berita Terkait