ITS News

Jumat, 27 September 2024
02 April 2022, 08:04

Sekolah Interdisiplin dan Manajemen Teknologi Cetak Lulusan Pertama

Oleh : itssil | | Source : ITS Online

Salah satu wisudawan lulusan SMIT saat penyerahan ijazah langsung dengan rektor dan dekan

Kampus ITS, ITS News – Gelaran Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ke-125 menjadi kali pertama Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT) meluluskan wisudawannya. Tercatat, SIMT meluluskan 101 wisudawan dengan 18 di antaranya memperoleh predikat cumlaude

Dekan SIMT, Prof Ir I Nyoman Pujawan MEng PhD CSCP menyebutkan bahwa berdirinya SIMT merupakan wujud dari keseriusan ITS untuk mencetak lulusan kompetitif yang mampu bersaing di dunia kerja. “SIMT ini sekolah pertama di luar fakultas yang dimiliki oleh ITS,” tutur Nyoman.

Guru besar ini menambahkan, sekolah pascasarjana ini merancang model pendidikan yang memenuhi kebutuhan industri di masa mendatang. “Bermacam disiplin ilmu dikemas untuk mencetak business leaders yang memiliki kemampuan analitis yang kuat dan tepat,” imbuhnya.

Potret Magister Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Banyak sekali harapan yang ditujukan bagi sekolah baru ITS ini. Nyoman berharap, para lulusan bisa menjadi para pengambil keputusan, pimpinan perusahaan yang bagus, dan bisa mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapatkan sewaktu kuliah.

Sebagai sekolah pertama di ITS, tantangan yang dihadapi SIMT adalah dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dilihat secara program sebenarnya sudah cukup terkenal. Akan tetapi, program baru yang kita miliki baru bisa mencetak lulusan dua tahun lagi. Sehingga tantangan utama yang harus diselesaikan adalah bagaimana cara menjual program baru kita ke masyarakat lebih luas.

Untuk itu, menurut Nyoman, SIMT telah melakukan berbagai upaya salah satunya membuat kurikulum yang relevan. Kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan mereka sehingga banyak menggunakan dosen dan praktisi S3. Presentase tenaga pendidik yaitu 60% dari dosen ITS dan 40% praktisi. “Blending tersebut ingin kami perkuat agar memiliki kompetensi dan daya saing di dunia kerja,” jelas Nyoman. (*)

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait