ITS News

Jumat, 27 September 2024
14 Juli 2008, 06:07

ITS Berangkatkan Tim Maritim Challenge dan PIMNAS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bertempat di Gedung Rektorat ITS, Probo memberikan wejangan kepada tim-tim yang bertanding. “Tahun ini prestasinya jangan lebih jelek dari tahun kemarin. Apalagi lokasi PIMNAS nya dekat, jadi mengirim supporternya tidak terlalu jauh,” papar Probo yang ditujukan untuk tim PIMNAS ITS. Pada tahun kemarin, tim PIMNAS ITS menempati Juara II.

Dalam PIMNAS XXI kali ini, ITS mengirimkan sepuluh tim sebagai wakilnya. Mereka akan berlaga mulai Selasa (15/7) dan berlangsung selama empat hari di UNISSULA, Semarang. Kesepuluh tim tersebut terdiri dari lima Program Kreativitas Mahasiswa Ilmiah (PKMI), dua Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi (PKMT), satu Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMM), satu Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), dan satu Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM).

Selain tim PIMNAS, ITS juga melepas tim MC yang akan berlaga di Finladia. Kepada mereka Probo berpesan agar tim MC kembali menang seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat itu tim MC berhasil memperoleh supremasi tertinggi The Spirit of Atlantic Challenge Award di Amerika Serikat. Kesuksesan tim ini juga berlanjut pada tahun 2004. Mereka kembali berhasil meraih supremasi tertinggi L’equipage a Obtenu Le 1er Prix de Convivialite et d’espirit d’equipage di Toulon, Perancis. Penghargaan tersebut setara dengan The Spirit of Atlantic Challenge Award.

Apa yang dipesankan oleh Probo diamini oleh tim MC. Mereka mengungkapkan akan berusaha mengulang kembali kejayaan sebagaimana tahun 2002. “Kita akan berusaha mendapatkan kembali piala bergilir The Spirit of Atlantic Challenge Award,” ungkap Fadwi Mukti Wibowo, koordinator MC.

Di Finlandia nanti, tim MC ITS berencana mengusung budaya Indonesia. Hal tersebut tercermin dari maskot tim MC yakni karakter wayang Indonesia, Yudhistira. Yudhistira melambangkan kepribadian seorang pemimpin yang berbudi pekerti luhur. Sedang untuk Captain Gig, kostum khas negara, tim ini mengangkat icon batik. Selain itu, tim MC juga menampilkan tari Remo dalam salah satu sesi perlombaan tersebut.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh tim yang mewakili Indonesia dan Asia ini. Diantaranya adalah penyusunan strategi dan latihan fisik. Tim ini melakukan latihan fisik sejak Agustus 2007. Mulai dari training laut berupa dayung sampai training darat seperti lari enam putaran dan push up. Bahkan, tim ini pernah mengarungi Selat Madura dalam latihannya.

Ada 12 jenis nomor lomba yang akan diikuti oleh tim MC di Finlandia nanti, antara lain l’esprit, passage race, rowing race, oor & sail, sailing race, rope work, slalom race, towing, jackstay transfer, captain gig, navigation dan man over board. Rencananya tim ini akan bertolak dari Jakarta, Kamis (17/7) besok.(nrf/f@y)

Berita Terkait