ITS News

Jumat, 27 September 2024
16 Juli 2008, 23:07

Mendiknas Harapkan ITS Juara

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Kalau di tingkat pendidikan dasar sudah sering gold medal di Internasional, tapi kalau pendidikan tinggi jarang," ujarnya. Bambang menumpukan harapan gold medal kepada tim Robot PENS-ITS yang akan berlaga di ajang kontes robot internasional ABU ROBOCON di Pune, India, akhir Agustus mendatang. "Saya pesan kepada Rektor ITS agar membawa pulang Gold Medal," lanjutnya.

Bambang berharap prestasi internasional di bidang robot ini dapat menjadi pemacu prestasi-prestasi di bidang lainnya. Karenanya Bambang sangat mendukung helatan semacam PIMNAS ini.  Selain unjuk kreativitas, gelaran semacam ini juga memacu sikap sportifitas dan entrepreneurship di kalangan mahasiswa. "Lewat ajang semacam ini mahasiswa itu jadi percaya diri, dan kritis terhadap permasalahan yang ada di masyarakat," imbuhnya.

Dalam acara yang diikuti oleh 21 perguruan tinggi se Indonesia ini hadir pula Dirjen Dikti Fasli Djalal, Rektor-Rektor Universitas di Indonesia, dan juga perwakilan Guberbur Jawa Tengah. Pembukaan PIMNAS XXI ini juga dimeriahkan dengan penampilan Ebiet G. Ade yang membawakan tiga buah lagu, antara lain, Pasrah, dan Berita kepada Kawan.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD berharap ITS dapat mengulang kesuksesannya di ajang PIMNAS kali ini. "Saya harap prestasinya jangan sampai turun dari PIMNAS tahun lalu," terangnya. Di ajang yang sama, tahun lalu ITS berhasil mendapatkan juara umum dua.

Harapan Rektor ini diamini oleh Koordinator tim PIMNAS ITS Bambang Setiawan. Melalui 10 tim yang diberangkatkan ITS ke ajang ini, Bambang mengaku optimis.  "Kami usahakan sesuai dengan target, kami yakin persiapan anak-anak memang sudah matang," ujarnya.

Kali ini ITS memberangkatkan 5 tim PKMI, 4 tim PKM, dan 1 tim LKMM. Tim ini merupakan hasil saringan akhir dan diyakini memang yang terbaik untuk menjadi duta ITS. "Memang ada beberapa tim yang sebelumnya kami prediksi masuk tapi ternyata malah tidak lolos seleksi. Tapi 10 ini semuanya andalan kami," lanjutnya.

Selain bertumpu pada 10 tim ini, Bambang menyatakan ITS juga akan mengikuti beberapa lomba lainnya di PIMNAS kali ini. Seperti lomba ICT dan juga lomba stand. "Kami harapkan ini juga bias menambah poin ITS nanti," pungkasnya. (Humas ITS/asa)

Berita Terkait