ITS News

Jumat, 27 September 2024
01 Agustus 2008, 18:08

Lagi, ITS Digandeng Universitas dari Jepang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kesepahaman tersebut meliputi kerjasama dalam bidang kolaborasi penelitian, pertukaran civitas akademika serta nantinya kedua belah pihak akan saling ikut serta dalam seminar yang diadakan.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Rektor Prof Ir Priyo Suprobo MSc PhD serta Prof Hideyuki Nakasima dari Future University Hakodate Jepang. Bentuk kerjasama ini nantinya akan dikhususkan pada pengembangan teknologi informasi saja.

“Jadi nantinya lulusan dari jurusan-jurusan yang berhubungan dengan penelitian teknologi informasi tersebut dapat melanjutkan studinya di Future University Hakodate,” ujar Dr Ketut Budha Artana selaku ketua International Office ITS.

Selain itu, dalam kerjasama ini, Ketut menambahkan nantinya kerjasama ini akan sangat memudahkan bagi para civitas akademika yang berniat untuk melanjutkan program master atau program double degree. “Nantinya setelah penandatangan MOU, pihak ITS dan Future University Hakodate akan menunjuk perwakilan yang akan merumuskan bentuk kerjasama tersebut,”jelasnya.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut hadir pula Yushi Suzuki wakil dari Direktorat Konselor Jepang, dan pihak JICA, Kyoko Nakano. Mereka berharap bila penandatangan MOU ini mampu menjembatani hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Yushi Suzuki mengaku bila penandatangan kesepahaman ini sangat tepat mengingat kompetensi ITS dalam hal teknologi Informasi.”ITS merupakan institut bergengsi yang berkompetensi dalam pengembangan riset IT. Dari MOU ini saya juga berharap mampu menjembatani hubungan dari kedua belah negara,”jelasnya.

Setelah penandatanganan MOU, wakil dari Future University Hakodate kemudian melanjutkan kunjungan ke jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Informasi. Future University Hakodate ini sendiri adalah universitas yang baru terbentuk pada tahun 2000 dan memiliki beberapa fakultas.”Fakultas yang ada disana adalah Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Ilmu Sosial,” pungkas Ketut.(yud/jie)

Berita Terkait