ITS News

Jumat, 27 September 2024
05 Agustus 2008, 23:08

Maba Membludak di Hari Ketiga Daftar Ulang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sejak pagi, puluhan maba terlihat berjubel di Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ITS. Mereka adalah maba yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Masuk Desain (UMDES), dan mahasiswa lintas jalur. Tercatat, 860 maba SNMPTN dan UMDES telah melakukan daftar ulang sejak pendaftaran dibuka, Sabtu (2/8). Jumlah ini hampir mencapai separuh dari jumlah keseluruhan maba yang diterima ITS, yaitu 1.865 maba yang terdiri dari 1675 maba SNMPTN dan 190 maba UMDES.

Membludaknya maba yang melakukan daftar ulang di hari ketiga ini diperkirakan karena banyak yang berasal dari luar kota. ”Mungkin maba dari luar kota masih harus mempersiapkan kelengkapan daftar ulang. Selain itu, para orang tua juga harus mencari dana SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi, Red), jadi bisanya daftar ulang di hari ketiga,” papar Ir Agus Gunaryo, Kabag Pendidikan dan kerjasama BAAK ITS.

Adapun prosedurnya, maba diharuskan menyerahkan tanda peserta SNMPTN, bukti pembayaran pendidikan, hasil pemeriksaan kesehatan, rekaman STTB yang telah dilegalisasi dan akte kelahiran, masing- masing satu lembar. Dan demi melengkapi prosedur ini, tak heran bila maba harus rela antri sejak pagi.”Saya standby disini sejak pukul 9.00 tadi,” ujar Gigih, salah seorang maba. Pasalnya Gigih harus bolak-balik ke bank, gedung Medical Center, dan BAAK untuk melengkapi persyaratan daftar ulang.

Daftar ulang maba 2008 berakhir pada Minggu (10/8) mendatang dan dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedang waktu pemeriksaan kesehatan dimulai dari Sabtu (2/8) hingga Sabtu (9/8) mendatang dan dibuka bersamaan dengan waktu daftar ulang di Medical Center ITS.

Khusus bagi peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C 2008, mereka diharuskan membawa selembar rekaman surat keterangan peserta dan menandatangani surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri apabila yang bersangkutan tidak lulus UNPK Paket C 2008. Selain itu, maba juga diharuskan mengisi surat pernyataan tidak terlibat penggunaan narkoba dan tidak akan mengikuti kegiatan kemahasiswaan, kecuali kegiatan yang diijinkan oleh rektor atau pembantu rektor III ITS. (nrf/f@y)

Berita Terkait