ITS News

Jumat, 27 September 2024
06 Agustus 2008, 08:08

Renewable Energy, Olah Sumber Energi Alternatif

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selasa (5/8) kemarin, Laboratorium Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan jurusan Teknik Fisika ITS menyelenggarakan Workshop on Renewable Energy and Building Efficiency. Tak tanggung-tanggung panitia menghadirkan profesor dari Technische Universitat Graz (TU), Prof Dpl-Ing Dr Techn Wolfgang Streichner serta Mr Gerard Fischer, seorang senior Technical Advisor and Mechanical Engineering. Keduanya dari Austria. Selain itu, juga didatangkan pula pembicara dalam negeri yaitu  Ir Chayun Budiono MSc dan Dr M A M Oktaufik.

Workshop berformat diskusi panel ini dibagi menjadi dua sesi. Streicher dan Chayun Budiono merupakan panelis pada sesi pertama. Pada presentasinya, Budiono membahas tentang penggunaan tenaga surya. "Di Indonesia panel surya banyak dimanfaatkan dalam Solar Home System (SHS)," ungkapnya. Ia menegaskan bahwa bisa saja di kota-kota besar seperti
Jakarta dan Surabaya, sebuah panel surya yang menghasilkan energi 50-300 Wp tidak begitu berpengaruh besar.

Namun, lanjutnya, di daerah pedesaan, hal tersebut sangat berarti. "Warga sudah sangat senang punya lampu di rumahnya, walau hanya 5 watt," ujar Budiono. Sementara itu, Fischer dan Oktaufik membawakan diskusi pada sesi kedua. Fischer yang sudah setahun di Indonesia ini lebih menerangkan tentang sumber energi Mikrohidro.

Menurut Ir Sarwono, ketua panitia workshop, berharap hasil penelitian dan prototype yang selama ini sudah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa ITS bisa menjadi pilot project dalam dunia industri energi. "Agar hasil penelitian nggak hanya numpuk saja!" papar Ketua Labolatorium Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan ini. Selain itu, imbuh Sarwono yang juga dosen ITS, workshop ini juga bertujuan untuk membuka ‘mata’ mahasiswa bahwa penelitian energi yang dipelajari selama kuliah bisa disinkronkan dan diaplikasikan dengan dunia luar. (m4/th@)

Berita Terkait