ITS News

Jumat, 27 September 2024
11 Agustus 2008, 09:08

Wujudkan Mentoring Berkualitas di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

TFM kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Selain lebih banyak memberi suplemen motivasi kepada para mentor, waktu simulasinya pun lebih panjang. Dengan pelatihan ini, diharapkan para mentor dapat dengan baik mengetahui metode yang efektif untuk menyampaikan materi . “Dan juga lebih siap menghadapi kendala-kendala yang mungkin terjadi dilapangan,” ujar koordinator putri Departemen Mentoring JMMI ITS, Liza Fajarningtyas.

Tahun ini, sistem mentoring banyak mengalami perombakan. “Tujuannya agar lebih baik dari tahun sebelumnya," tutur Liza. Di antara perombakan tersebut, lanjut Liza, pelaksanaan Mentoring 2008 disesuaikan dengan pengambilan mata kuliah Agama Islam di tiap jurusan. Jadi, tak serentak diadakan pada semester satu. "Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan koordinasi penilaian dengan dosen agama di jurusan. Mentoring masuk dalam SKS mata kuliah agama , maka penilaian mentoring pun mempengaruhi nilai mata kuliah agama, “ paparnya.

Selain itu, mulai tahun ini diadakan sekolah mentor yang wajib dihadiri oleh para mentor. Di sana, secara rutin mentor-mentor dikumpulkan untuk di upgrade pengetahuanya dan diajak berdiskusi memecahkan permasalahan yang dihadapi dilapangan. "Diharapkan para mentor dapat menyampaikan materi berbobot dengan metode yang tidak monoton sehingga dapat menarik para mente (sebutan untuk mahasiswa binaan mentor, Red),“ tukasnya.(az/f@y)

Berita Terkait