ITS News

Jumat, 27 September 2024
10 Agustus 2008, 18:08

Manfaatkan Bluetooth Jadi Wireless Pointer

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

HP bukan merupakan barang yang mewah lagi. Namun, tak banyak orang yang tahu cara mengoptimalkan penggunaan HP untuk presentasi. Dengan memanfatkan bluetooth HP, pemateri presentasi tetap dapat mengontrol slide komputer dari jauh. “Jadi tidak usah beli wireless pointer yang harganya mahal,” papar Rio Indralaksono selaku pembicara.

HP yang menjadi wireless pointer ini juga dapat menampilkan slide yang ada di komputer pada tampilan layar HP. Fasilitas ini memungkinkan pemateri agar dapat melihat slide tampilan LCD walau jauh. Selain itu, HP tersebut juga dapat digunakan untuk mengontrol fasilitas komputer yang lainnya, seperti me-restart dan men-shutdown.

Para peserta pun antusias mengikuti acara ini. Bahkan, di akhir sesi banyak peserta yang mempraktekkan cara-cara menggunakan wireless pointer pada HP nya. Pesertanya pun terdiri dari berbagai golongan. Mulai dari umum, mahasiswa hingga dosen. Mengenai hal ini, Rio berkomentar. “Teknologi ini kan kebutuhan standar pelajar dan semua jurusan untuk mempermudah dalam berpresentasi,” imbuh Rio.

Selain acara ini, masih ada banyak kegiatan dalam HCC 2008. Diantaranya adalah Akses Internet Gratis menggunakan Antena Kaleng, Rahasia Menjadi Kaya melalui Website, Membedah Teknik Fotografi, Mengenal Potensi Komputer Anda serta Dasar Overclocking, dan Bengkel Musik Digital. Selain itu, masih ada pelatihan Web Design, modelling dan Animasi 3D. Acara lainnya adalah ‘Ayodance’ Game Competition yang akan digelar Selasa (19/8) di Hi Tech Mall. Rencananya, HCC akan ditutup pada Senin (18/8) di jurusan Elektro.

HCC kali ini merupakan acara tahunan yang kelima belas kalinya digelar oleh HIMATEKTRO. Tema, pelatihan, dan seminar yang diusung pun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah ‘Mengemas Teknologi Dalam Mengingat Kembali Budaya Bangsa’. Tak heran apabila semua panitia terlihat menggunakan seragam batik. (nrf/jie)

Berita Terkait