ITS News

Sabtu, 28 September 2024
17 Agustus 2008, 11:08

Himbau Hemat Energi di Upacara Kemerdekaan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur, Rektor ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MSc PhD mengungkapkan bahwa ajakan ini selaras dengan himbauan presiden tentang hemat energi. "Hemat energi yang dimaksud antara lain pengembangan sumber energi alternatif, pemanfaatan limbah buangan, serta penghematan listrik dan air," tutur Probo.

Untuk mewujudkan program hemat energi ini, lanjut Probo, banyak cara yang dapat dilakukan. "Di antaranya dengan memanfaatkan air seperlunya dan menggunakan lampu penerangan tak berdaya tinggi," ungkapnya. Untuk lampu kantor-kantor instansi diharapkan dimatikan bila tak sebegitu perlu dan dimanfaatkan pada saat jam aktifnya saja.

Lebih lanjut, Probo menegaskan bahwa saat ini Indonesia tengah mengalami masalah perekonomian. Karenanya, diharapkan program hemat energi ini dapat membantu mengembangkan perekonomian negeri. "Komitmen untuk menyukseskan program hemat energi diharapkan dapat menumbuhkan sikap mandiri yang berujung pada perkembangan ekonomi," tegasnya. Diakhir pidatonya, Probo mengajak segenap sivitas untuk mengaktualisasikan semangat kemerdekaan untuk terus berjuang demi terwujudnya kesejahteraan lahir dan batin bangsa Indonesia.

Upacara bendera memperingati HUT RI ke-63 juga diisi dengan penyerahan penghargaan secara simbolis kepada dosen dan mahasiswa berprestasi. Ada sederet penghargaan yang dibacakan dalam upacara tersebut, di antaranya Satya Lancana, dosen teladan, mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat institut, juara pekan seni nasional, juara IBM Great Mind Challenge, dan pertukaran pemuda Indonesia-Kanada.(f@y/asa)

Berita Terkait