ITS News

Sabtu, 28 September 2024
25 Agustus 2008, 16:08

OMB Despro, Kreatif dengan Mural

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

OMB 2008 atau yang disebut Sketsa 2008 di Despro resmi ditutup setelah berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 21-24 Agustus lalu. Pada hari ketiga penyelenggaraan Sketsa 2008, diadakan beragam games antara lain membuat mural.

Pada games ini maba Despro yang telah dibagi dalam enam belas kelompok diwajibkan untuk membuat dua sketsa mural masing-masing dengan tema culture dan global warming. Dalam sketsanya mereka juga dituntut untuk memasukkan unsur Himpunan Mahasiswa Despro (HIMA IDE). Dari sketsa-sketsa tersebut nantinya akan dipilih dua puluh satu sketsa terbaik. Dua puluh sketsa selanjutnya diaplikasikan dalam mural di meja taman serta satu sebagai puzzle mural. Puzzle mural sendiri adalah gabungan dari enam belas kanvas yang membentuk sebuah gambar.

Menurut Koordinator Steering Commitee (SC) Sketsa 2008, Dihlis Maulana, tujuan dari games membuat mural ini selain untuk memacu kreativitas maba juga untuk menciptakan atmosfer desain pada gedung Despro. Menurut Dihlis selama ini gedung Despro terlihat seperti gedung pada umumnya. “Paling tidak dengan keberadaan mural ini bisa menunjukkan bahwa kita sedang berada di Jurusan Desain,”sebut Dihlis.

Pawai Semarak Kota Pahlawan
Pada hari terakhir penyelenggaraan Sketsa 2008, diadakan karnaval yang diikuti maba. Pada karnaval yang mengambil rute berkeliling ITS ini maba Despro berdandan dengan tema Semarak Kota Pahlawan. Tema ini dipilih salah satunya untuk menunjukkan bahwa banyak sekali hal-hal menarik yang kita temui di Surabaya.

Beberapa contoh yang ditunjukkan oleh maba antara lain, mengenakan kostum Tugu Pahlawan lengkap dengan Suro dan Boyo. Ada pula yang berdandan ala Ning Surabaya hingga Rawon Setan. Selain itu, untuk melanjutkan tradisi tahun lalu maba juga akan mengadakan pameran desain 1001 IDE yang akan segera dilaksanakan tahun ini.(tyz/f@y)

Berita Terkait