ITS News

Sabtu, 28 September 2024
29 Agustus 2008, 19:08

Medical Center Adakan Pengobatan Gratis Sepekan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Dwi Nurhandari selaku ketua panitia pengobatan gratis, program tersebut akan berlangsung selama enam bulan ke depan. “Kita sudah mulai Juli lalu dan rencananya sampai Desember, pengobatan seperti ini digelar selama lima hari setiap bulannya,” ujar dokter gigi yang kerap disapa Nunung ini.

Program lainnya yang telah dan akan dilakukan diantaranya adalah posyandu dan pemberian makanan tambahan. Untuk pengobatan gratis, selain poli umum juga dibuka poli gigi, psikologi, dan bantuan kesehatan untuk ibu dan anak. Nunung menambahkan, program tersebut memang dikhususkan untuk masyarakat sekitar kampus ITS. ”Ada empat kelurahan yang mendapatkan undangan pengobatan gratis ini, yaitu Keputih, Gebang, Kejawan Gebang, dan Mulyorejo,” tambah Nunung.

Sebenarnya terdapat seratus undangan yang disebarkan ke masing-masing kelurahan. Namun hingga pada hari kelima (29/8), baru sekitar 80 orang yang datang untuk berobat. Selain warga yang mendapat undangan, program ini juga diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kartu Gakin. Pihak Medical Center mengakui menerima beberapa pasien yang datang dengan membawa serta anggota keluarga lainnya, padahal undangannya hanya satu.

Nurfakinah, salah satu pasien dari Kejawan Gebang mengungkapkan program tersebut cukup membantu masyarakat, terutama pelayanannya yang tidak rumit. Dirinya pun membawa bibi dan kedua anaknya untuk diperiksakan. “Alhamdulillah, saget mbantu tiyang miskin mas,” ujar Nurfakinah haru.

Dari semua pasien yang datang. 60-65 % terdiri dari para lanjut usia dengan umur di atas 50 tahun. Bahkan ada pasien yang kira-kira telah berumur 90 tahun. Keluhan mereka hampir seragam, yaitu badan linu dan rasa capek. Secara umum para pasien lansia ini banyak terserang rheumatik. Beberapa diantaranya juga ada yang menderita hipertensi. (mtb/ap)

Berita Terkait