ITS News

Sabtu, 28 September 2024
31 Agustus 2008, 21:08

Berharap Jadi Kupu-Kupu di Ultah Ke-12

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam perayaan dies natalisnya yang ke-12 ini Teater Tiyang Alit memilih judul Berharap Menjadi Kupu-Kupu. Menurut pimpinan produksi, Resti Suwandari, selama ini Teater Tiyang Alit merasa belum memberikan yang terbaik pada masyarakat. "Harapannya kedepan kami bisa bermetamorfosis dengan sempurna, dengan kata lain memberikan yang terbaik," jelasnya.

Perayaan dibuka dengan penampilan dari UKM Cinta Rebana dilanjutkan dengan Paduan Suara Mahasiswa Teknik Elektro. Lalu diadakan acara pemotongan tumpeng oleh Pembina Teater Tiyang Alit, Dr Ismaini Zaim. Di puncak acara, tampil pementasan oleh Teater Tiyang Alit dengan lakon Partai Bodius.

Menurut sutradara pementasan ini, Wiwid Nugroho, lakon Partai Bodius mengisahkan tentang tiga tokoh utama dalam Partai Bodius yaitu Mulutus, lambungus, dan Anusus. Mulutus dan Perutus yang senang memperebutkan jabatan sebagai pemimpin partai diumpamakan sebagai orang-orang atas yang berebut kekuasan. Sedangkan Anusus merupakan simbolisasi dari orang-orang bawah yang tidak dihiraukan. Pada akhir cerita akan disimpulkan bahwa meskipun orang kecil cenderung diabaikan, tetapi merekalah yang sebenarnya cukup berperan penting.

Diungkapkan oleh Dr Ismaini Zaim, Teater Tiyang Alit yang sekarang bisa disebut sebagai new generation. Setelah sempat vakum cukup lama, baru dua tahun terakhir inilah Teater Tiyang Alit bangkit kembali. Contohnya saat Pekan Seni Mahasiswa tingkat regional lalu, wakil dari Tiyang Alit berhasil menyabet juara satu lomba penulisan naskah. "Itu menandakan, pelan-pelan tapi pasti UKM ini menunjukkan geliatnya," sebut Ismaini.

Acara ini juga diramaikan dengan penampilan spontan dari teater-teater universitas lain di Surabaya. Selain itu juga diadakan serah terima jabatan dari ketua teater sebelumnya, Nurvita Arumsari kepada ketua baru, Syamsurrijal.(tyz/f@y)

Berita Terkait